Comscore Tracker

Pantau Pos Cileunyi, Ridwan Kamil: Pemudik Istirahat Dulu Jika Lelah!

Berharap mudik lebaran 2022 lancar tanpa ada kendala

Kabupaten Bandung, IDN Times - Bagi para pengemudi angkutan lebaran dan pemudik diimbau untuk tidak memaksakan diri apabila kondisi badan sudah merasa kelelahan. Sebab, seringkali kondisi badan yang tidak fit tapi dipaksakan, bisa berujung pada kecelakaan lalu lintas yang tidak diharapkan oleh kita bersama, saat menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat meninjau Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022). Emil mengimbau agar para pemudik yang merasa kelelahan agar tidak memaksakan diri.

"Kalau kelelahan, ingat jangan dipaksakan ya. Bisa istirahat disini (pos terpadu), ada makanan gratis, ada pijat gratis, yang belum vaksin juga disediakan, agar kita pulang ada rasa aman karena sudah di vaksin," ujar Emil, saat melakukan konferensi pers, di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).

1. Ridwan Kamil harap mudik tahun 2022 lancar tanpa ada kendala

Pantau Pos Cileunyi, Ridwan Kamil: Pemudik Istirahat Dulu Jika Lelah!IDN Times/Aris Darussalam

Ridwan Kamil pun berharap, agar aktivitas mudik lebaran tahun 2022 ini diberikan kelancaran. Pasalnya mudik kali ini diprediksi akan lebih banyak masyarakat yang melakukannya, apalagi bagi mereka yang sebelumnya harus menunda aktivitas mudik selama 2 tahun akibat kondisi pandemi COVID-19.

"Saya doakan semua berbahagia, saya fahami kerinduannya luar biasa, karena 2 tahun tidak mudik sekarang baru bisa mudik, kami para aparat, para pejabat, dan para petugas semua tetap siaga dalam memperlancar kenyamanan rakyat," tutur Emil.

2. Menuju Jakarta, Warga Bandung dan sekitarnya diimbau pergi sebelum pukul 17.00 WIB

Pantau Pos Cileunyi, Ridwan Kamil: Pemudik Istirahat Dulu Jika Lelah!IDN Times/Aris Darussalam

Selain itu, Emil mengimbau warga Bandung dan sekitarnya yang ingin bepergian ke wilayah Jakarta sebaiknya dilakukan sebelum pukul 17.00 WIB. Hal tersebut dikarenakan arus lalu lintas khususnya dijalan Tol menuju arah Cirebon-Bandung akan diberlakukan satu arah atau one way.

"Nah bahkan hari ini tepatnya jam 5 sore, arah Jakarta ke arah Cirebon-Bandung akan di satu arahkan. Kalau sebelum jam 5, dari Bandung ke arah Jakarta masih diperbolehkan, tapi ada contraflow. Setelah jam 5 itu full (one way) mengantisipasi yang mulai terbaca kepadatan," kata Emil.

3. Arus lalin Padalarang hingga Cileunyi belum mengalami peningkatan signifikan

Pantau Pos Cileunyi, Ridwan Kamil: Pemudik Istirahat Dulu Jika Lelah!IDN Times/Aris Darussalam

Usai berpesan kepada para pemudik, Emil pun memastikan, bahwa kondisi arus lalulintas jalur Padalarang hingga Cileunyi saat ini belum mengalami peningkatan yang signifikan. Personel pun bersiaga di ratusan pos pengamanan yang disiagakan di jalur mudik.

"Kami pantau dari Padalarang, Cileunyi, pergerakan aman terkendali. Pintu padalarang 24 ribu kemarin yang masuk. Saat ini ada 400 pos dipasang di seluruh Jabar, ada pos utama," tutur Emil.

Baca Juga: Rombongan Pemudik Kendaraan Roda Dua Mulai Terlihat di Jalur Nagreg 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya