Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan, Seorang Anak Berhasil Diselamatkan

Korban meninggal sudah mencapai 284 jiwa

Bandung, IDN Times - Seorang anak bernama Ajka (4) berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di dalam reruntuhan rumah akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Saat ini, ia menjalani pemeriksaan kesehatan setelah tiga hari tertimbun material bangunan.

Rafka ditemukan tim gabungan Satgas SAR Resimen I Pasukan Pelopor pimpinan Iptu Eddy di Kampung Rawa Cina, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Rabu (23/11/22). Lokasi tersebut menjadi salah satu sasaran evakuasi korban.

Semua bermula saat puluhan anggota membersihkan material di sebuah rumah yang sudah hancur. Kemudian, mereka membongkar dan membuat lubang di tembok setelah mendengar ada tanda kehidupan.

Setelah dilakukan penyelamatan, Rafka pun berhasil diangkat dari reruntukan tersebut. Petugas lantas menggunakan motor membawanya ke tempat perawatan medis. Sesaat kemudian, proses pencarian berlanjut karena diduga masih ada korban yang tertimbun.

“Tim SAR berjumlah 51 personel SAR dan 10 personel preventif gabungan Men I, Men II, Polres Cimahi , dan TNI menemukan Korban tertimbun selama 3 hari atas nama Ajka (umur 4 tahun),” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Menurutnya, di sekitar reruntuhan ada satu korban wanita masih tertimbun, sedang dalam proses pencarian menggunakan peralatan dari Dinas Kebakaran.

Sebelumnya, upaya pencarian 151 orang yang dinyatakan hilang dalam peristiwa gempa bumi terus berlanjut. Total ada 796 personel gabungan yang disebar di sejumlah wilayah yang terdampak.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril menjelaskan, ratusan personel itu datang dari berbagai satuan dan daerah lain di Jawa Barat. Mereka membagi dua rencana pencarian. Yakni, search plan bagi potensi SAR dan search plan bagi tim Basarnas.

Personel yang ditugaskan dalam operasi search plan potensi SAR terbagi dalam 12 tim disesuaikan dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa.

"Saat membutuhkan bantuan, tim ini bisa menginformasikan koordinat kepada pos SAR gabungan,” ucap dia.

Sedangkan operasi search plan untuk tim Basarnas dibagi menjadi empat sektor pencarian. Yakni Sektor I Kampung Cugenang RT 02, Sektor II Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Sektor III Kampung Salakawung Desa Sarampat, Sektor IV Warung Sate Sinta.

Baca Juga: Aset Negara Rusak Akibat Gempa Cianjur, Berapa Kerugiannya?

Baca Juga: Hari ke 3 setelah Gempa Cianjur, 151 Orang Hilang Belum Ditemukan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya