TB Hassanudin Sebut Sikap Arteria Dahlan Keluar dari Ideologi PDIP

Arteria minta Kajati pakai bahasa Sunda saat rapat dipecat

Bandung, IDN Times - Salah satu tokoh politik dari Tanah Sunda, TB Hassanudin, ikut angkat bicara ihwal polemik pernyataan Arteria Dahlan yang menyinggung warga Sunda. Permintaan agar Kepala Kejaksaan Agung mencopot Kajati yang berbicara pakai bahasa Sunda saat rapat dengar pendapat dicopot sudah tidak sesuai dengan marwah PDIP sebagai partai nasionalis.

"Saya sebagai sesama PDIP merasa ini (pernyataan Arteria Dahlan) bukan ruh, bukan jiwa, dari PDI Perjuangan. Jadi ini menurut hemat saya keluar dari ajaran, murtad dari pakem ideologi partai. Kami (di PDIP) terkenal pluralis, kami partai nasionalis," kata TB Hassanudin saat berbincang dengan budayawan Sunda di Museum Ajip Rosidi, Rabu (18/1/2022).

1. Arteria harus bertanggung jawa atas perbutaannya

TB Hassanudin Sebut Sikap Arteria Dahlan Keluar dari Ideologi PDIPIDN Times/DPRRI

Menurut Hasanuddin, pernyataan Arteria tidak mewakili sikap sesama anggota DPR RI. Dia yangduduk sebagai anggota DPR RI juga menyesalkan apa yang sudah diperbuat rekan sesama anggota parlemen tersebut.

"Itu dilakukan secara hukum dan harus bertanggungjawab atas ucapannya. Saya selaku anggota kader PDIP sangat menyesalkan tindakan itu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin menyebut dirinya sudah berbincang langsung dengan Arteria Dahlan. Ia juga menyampaikan kekecewaannya kepada Arteria. Ia menegaskan, apa yang sudah dilakukan Arteria Dahlan tidak ada sangkut pautnya dengan partai.

"Saya sudah bicara langsung dengan Arteria Dahlan dan menyampaikan kekecewaan itu. Sehingga mohon diketahui, kalau saya mendapatkan banyak kekesalan-kekesalan yang dilakukan ini, ya silakan tetapi pasti bukan ditujukan partai," terangnya.

2. Ada tuntutan dari masyarakat Pasunda agar Arteria dipecat dari kader PDIP

TB Hassanudin Sebut Sikap Arteria Dahlan Keluar dari Ideologi PDIP(Anggota DPR Arteria Dahlan) www.instagram.com/@najwashihab

Hasanuddin mengaku ada masukan masyarakat agar Arteria dipecat sebagai kader PDI Perjuangan. Namun ia menyerahkan keputusan tersebut kepada pengurus partai.

"Ada tuntutan dari masyarakat Pasundan untuk pemecatan Arteria dari kader, saya kira ada prosedurnya, silakan diajukan. Kemudian ada dewan kehormatan dan dewan kehormatan nanti melakukan sidang dan akan investasi dan lain-lain," jelasnya.

3. Arteria sempat minta Kajati yang berbahasa daerah dicopot dari jabatannya

TB Hassanudin Sebut Sikap Arteria Dahlan Keluar dari Ideologi PDIPIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan mengkritik kajati yang menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat.

Hal itu disampaikan Arteria dalam rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1). Dalam rapat, Arteria meminta Jaksa Agung mengambil tindakan tegas dengan memecat kajati tersebut.

Namun, Arteria tak menyebut kajati yang dimaksud. "Ada kritik sedikit, Pak JA (Jaksa Agung), ada Kajati pak, yang dalam rapat raker ngomong pakai bahasa Sunda, ganti pak itu," kata dia dihadapan Jaksa Agung.

Baca Juga: Singgung Bahasa Sunda, Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Baca Juga: Spanduk 'Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda' Terpasang di Bandung

Baca Juga: Arteria Singgung Masyarakat Sunda, Apa Kata Plt Walkot Bandung?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya