DPRD Ajukan Tiga Kandidat Calon Pj Wali Kota Bandung ke Mendagri

Pemprov sudah lebih dulu mengajukan nama tersebut

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung telah mengirimkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung. Saat ini, Wali Kota Bandung berada di bawah kendali Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Kurnia Solihat menuturkan, sejumlah nama sudah diajukan ke Kemendagari sesuai dengan musyawarah mufakat seluruh anggota.

"Sudah ditandatangani dan diajukan langsung hari ini ke Mendagri," kata Kurnia saat dihubungi, Selasa (8/8/2023).

1. Belum bisa berikan nama lengkap

DPRD Ajukan Tiga Kandidat Calon Pj Wali Kota Bandung ke MendagriBalaikota Bandung. IDN Times/Yogi Pasha

Terkait nama tiga nama yang diajukan tersebut, Kurnia belum bisa memberikannya secara lengkap. Namun dia menyebut inisial yang diajukan tersebut.

"Inisialnya itu D, E, dan M," kata Kurnia.

2. Ada lebih dari tiga calon yang bakal menjadi PJ Wali Kota Bandung

DPRD Ajukan Tiga Kandidat Calon Pj Wali Kota Bandung ke MendagriIDN Times/Humas Bandung

DPRD Kota Bandung, Jawa Barat, akan mengusulkan tiga nama calon penjabat (pj) wali kota. Selain dari DPRD Kota Bandung, usulan calon pj wali kota juga berasal dari gubernur Jawa Barat (Jabar), dan menteri dalam negeri.

Masa jabatan Yana Mulyana sebagai wali kota Bandung berakhir pada 20 September 2023. Sebelum terpilih wali kota definitif dari hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024, Kota Bandung akan dipimpin pj wali kota.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan nama calon pj wali kota dari setiap fraksi. Kemudian nama calon itu akan dibahas.

Ditanya soal kemungkinan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna diusulkan sebagai pj wali kota, Tedy mengaku belum bisa berkomentar. Ia menunggu usulan dari masing-masing fraksi di DPRD Kota Bandung.

Sebagaimana aturan, Tedy mengatakan, gubernur Jabar juga dapat mengusulkan tiga calon. Kemudian dari menteri dalam negeri tiga calon.

Nantinya nama calon yang diusulkan akan dibahas di tingkat pemerintah pusat, untuk kemudian ditetapkan pj wali kota Bandung.

“Tentu kita menunggu (hasilnya). Ada tim gabungan kementerian melakukan telaahan,” katanya.

3. Pemprov Jabar sudah ajukan nama lebih dulu

DPRD Ajukan Tiga Kandidat Calon Pj Wali Kota Bandung ke MendagriPejabat Sementara Wali Kota Depok Dedi Supandi (IDN Times/Dicky Slank)

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya mengaku sudah mengajukan calon pj untuk semua kepala daerah kota/kabupaten di wilayah Jabar yang akan habis masa jabatannya. Termasuk untuk pj wali kota Bandung.

“Sudah diusulkan semuanya. Kota Bandung atau yang berakhir di September dan Desember, semua sudah diajukan,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Penjelasan Kemendagri soal Plt, Pj, Pjs Kepala Daerah Bisa Mutasi ASN

Baca Juga: DPRD Bandung Ikut Terima Uang Suap Korupsi Bandung Smart City

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya