Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBB

Longsor disebabkan intensitas hujan tinggi

Bandung Barat, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat dalam sehari sebanyak empat kejadian tanah longsor dan satu kejadian banjir bandang terjadi di KBB pada Minggu (16/2).

Peristiwa longsor terjadi di Kampung Gunung Bentang RT 04/15, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, di Kampung Gunung Bentang RT 01/23 Desa Jayamekar Kecamatan Padalarang, di Kampung Nyondol
RT 02/08 Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang dan di Kecamatan Saguling.

Sementara satu kejadian banjir bandang menerjang Perumahan Baloper, Blok D RT 02 RW 20, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

1. Longsor di Desa Jaya Mekar rusak empat rumah

Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBBTanah Longsor Kab. Bandung Barat (dok. BNPB)

Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan, longsor di Kampung Gunung Bentang, pada RT 4 RW 5, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Longsor disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi waktu yang lama, mengakibatkan tebing setinggi 20 meter dan lebar 25 meter mengalami longsor," ungkap Duddy, Senin (17/2).

Akibat dari longsor itu, sebanyak empat rumah warga mengalami kerusakan. Satu diantaranya mengalami kerusakan dengan kategori sedang. Sementara untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, para warga yang terdampak telah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

2. Dua ruangan SDN 2 Gunung Bentang rusak

Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBBIDN Times/Bagus F

Kejadian tanah longsor berikutnya, terjadi di Kampung Gunung Bentang, RT 1 RW 23, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang. Longsor yang terjadi pada pukul 17.00 WIB itu, menimpa sebuah sekolah yakni SD Negeri 2 Gunung Bentang.

Dua ruangan di bangunan SDN 2 mengalami kerusakan. Diantaranya ruangan kantor kepala sekolah dan ruangan UKS. Di lokasi longsor, material longsor yang didominasi lumpur masih menutupi SDN tersebut.

3. Satu rumah di Desa Cempaka Mekar rusak

Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBBIDN Times/Bagus F

Peristiwa tanah longsor juga terjadi di Kampung Nyondol, tepatnya di RT 2 RW 8, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, pada pukul 16.30 WIB.

Kejadian itu dipicu hujan dengan intesitas tinggi, yang memicu longsor. Akibatnya satu rumah warga, tembok belakangnya rubuh dan menimpa bangunan utama. Pemilik rumah dan warga di sekitar lokasi kejadian tengah antisipasi jika terjadi kembali longsor susulan.

4. Tebing di Saguling runtuh

Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBBDok. BPBD Kudus

Di Kecamatan Saguling, tepatnya tebing yang berada di Jalan arah Bojonghaleang menuju Cikande Saguling, peristiwa longsor sempat tertutup material longsor dari tebing yang mengalami pergerakan tanah dengan ketinggian 10 meter dan lebar enam meter.

"Saat ini akses jalan sudah dapat dilalui baik roda dua maupun roda empat. Kejadiannya pada pukul 17.00 WIB," terangnya.

5. Di Padalarang, satu rumah rusak berat dihantam banjir bandang

Dalam Satu Hari, Empat Longsor dan Satu Banjir Terjadi di KBBIDN Times/Bagus F

Selain tanah longsor, juga terjadi banjir bandang Kejadian banjir terjadi di Perumahan Baloper, pada Blok D RT 2 RW 20, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

Banjir itu, menyebabkan satu rumah mengalami rusak berat dan 11 rumah lainnya terdampak. Kejadiannya terjadi sekira pukul 15 30 WIB, saat tengah terjadi hujan.

"Tanggul ambruk dari perumahan Bumi Asri Residen menutup saluran air (drainase) sehingga air meluap berdampak ke Perumahan Baloper," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya