Gempa Bumi Cianjur, Korban Luka Berat Dirujuk ke RSHS Bandung

Sebagian besar korban alami luka dibagian kepala dan patah tulang

Cianjur, IDN Times - Korban luka berat akibat gempa bumi Cianjur yang dirawat di RSUD Sayang Cianjur dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Korban gempa bumi Cianjur ini diprediksi akan terus bertambah. Hingga pukul 21.22WIB, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 162 orang dan 326 lainnya mengalami luka-luka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, korban meninggal dunia mayoritas dialami anak-anak. Karena, saat gempa bumi terjadi banyak anak yang sedang sekolah dan di madrasah untuk belajar.

"Saya prihatin. Mayoritas anak-anak yang menjadi korban. Jumlahnya mencapai 162 orang yang meninggal dunia," kata Emil di Pendopo Cianjur, Senin(21/11/2022).

Dia menyebutkan, korban bencana gempa bumi telah ditangani di tiga rumah sakit yang ada di wilayah Cianjur diantaranya RSUD Sayang, Cianjur. "Ada tiga rumah sakit yang sudah melakukan tindakan. RSUD Sayang sudah melakukan," ujar Emil.

Emil mengungkapkan, penanganan korban gempa bumi yang mendapatkan perawatan di rumah sakit juga diharapkan tidak tergeletak di luar. Seluruh pasien yang mengalami luka berat akan dirujuk ke sumpah rumah sakit di Cimahi dan Kota Bandung.

"Malam ini, kami sudah instruksikan agar tidak ada lagi pasien yang tergeletak di luar. Pasien akan dikirim ke rumah sakit Cimahi dan Bandung," kata dia.

Sementara itu, tenaga medis RSUD Sayang Cianjur, dr Herdiansyah mengatakan, korban luka akibat gempa bumi rata-rata mengalami cidera di bagian kepala dan patah tulang. Seluruh korban dengan cidera ini telah dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Pasien cidera kepala dan patah tulang langsung dirujuk ke RSHS. Karena, CTScan di RSUD rusak," kata dia.

Dia menyebutkan, malam ini kondisi di RSUD Sayang Cianjur mulai terkendali. Intensitas pasien, korban gempa bumi yang datang ke rumah sakit mulai berkurang.

"Kebanyakan pasien yang dikirim ke sini rujukan dari puskesmas dan hanya mengalami luka ringan," ungkap dia.

Gempa Bumi Cianjur, Korban Luka Berat Dirujuk ke RSHS BandungIDN Times/Yogi Pasha

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya