4 Program Pembangunan Ini Bakal Memacu Sukabumi Jadi Daerah Maju

Seluruh program prioritaskan pembangunan infrastruktur

Sukabumi, IDN Times - Kisaran tahun 2004 silam, Kabupaten Sukabumi pernah ditetapkan sebagai daerah tertinggal di Jawa Barat bersama dengan Kabupaten Garut oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Indikatornya antara lain kondisi infrastruktur serta sumber daya manusia yang dinilai relatif kurang berkembang.

Status ketertinggalan tersebut dilihat dari ketimpangan pemerataan pembangunan antara wilayah utara dan selatan Sukabumi. Bukan perkara mudah bagi pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk bisa terlepas dari predikat tersebut. Setelah lebih dari 10 tahun memacu geliat pembangunan daerah, predikat sebagai daerah tertinggal itu pun akhirnya berhasil ditanggalkan.

Kini Kabupaten Sukabumi memiliki peluang besar untuk mewujudkan mimpinya menjadi salah satu daerah termaju di Jawab Barat. Ada empat program pembangunan yang menjadi peluang bagi Sukabumi dalam mencapai target tersebut.

"Dengan semua program nasional yang saat ini tengah dikerjakan, saya yakin Sukabumi akan menjadi salah satu daerah termaju di Jawa Barat," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

1. Pelabuhan laut pengumpan regional

4 Program Pembangunan Ini Bakal Memacu Sukabumi Jadi Daerah MajuIDN Times/Toni Kamajaya

Sejak 2017 lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan pembangunan Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR)di Pantai kawasan Pantai Karang Pamulang, Kecamatan Palabuhanratu. Fasilitas ini dibangun untuk menunjang angkutan laut yang menghubungkan antara Palabuhanratu dengan Jakarta. Proyek PLPR senilai Rp110 miliar itu ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada tahun ini.

"Keberadaan PLPR ini nantinya akan mendorong perekonomian masyarakat, sebab wisatawan luar daerah yang akan berwisata ke Geopark Ciletuh tidak hanya mellui jalur darat saja, tetapi bisa menggunakan jalur air," ungkap Marwan Hamami.

2. Bandara Sukabumi

4 Program Pembangunan Ini Bakal Memacu Sukabumi Jadi Daerah MajuIlustrasi/Toni Kamajaya

Selain dua program tadi, saat ini pemerintah pusat bersama dengan Pemprov Jawa Barat tengah melaksanakan pembangunan bandar udara (Bandara) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Sarana penunjang transportasi angkutan udara ini akan dibangun diatas lahan seluas 150 hektare.

Rencanannya Bandara Sukabumi itu akan memiliki landasan pacu sepanjang 2.350 meter hingga 2.500 Meter dengan lebar 30 Meter. Kapastitas landasan pacu itu dapat digunakan oleh pesawat jet narrow body sekelas Boeing 737. Dengan pesawat jenis tersebut, maka Bandara Sukabumi ini diproyeksikan akan melayani rute penerbangan jarak jauh.

3. Jalan Tol Bocimi

4 Program Pembangunan Ini Bakal Memacu Sukabumi Jadi Daerah MajuIDN Times/Toni Kamajaya

Pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sebenarnya sudah direncanakan sejak 20 tahun silam, namun pengerjaannya baru bisa dilaksanakan pada 2016 silam. Jalan tol yang mengkoneksikan tiga wilayah tersebut total panjangnya mencapai 54 Kilometer (Km) dengan proses pengerjaan dibagi menjadi empat seksi. Untuk seksi I sepanjang 15,3 Km meliputi Ciawi-Cigombong telah dioperasikan pada Desember 2018 silam.

Saat ini pembangunan Seksi II antara Cigombong- Cibadak sepanjang 11,9 km tengah dalam pengerjaan. Sementara Seksi III meliputi Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13 km. 

4. Jalur Ganda Perlintasan KA

4 Program Pembangunan Ini Bakal Memacu Sukabumi Jadi Daerah MajuIDN Times/Toni Kamajaya

Dalam beberapa tahun kedepan, Sukabumi akan memiliki lintasan kereta api jalur ganda atau double track hingga ke wilayah Bogor. Program pembangunan nasional tersebut saat ini tengah dikerjakan beriringan dengan pembangunan jalan tol Bocimi. "Diharapkan jalur ganda ini dapat memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sukabumi. Karena dengan adanya jalur ganda ini masyarakat akan lebih mudah menjalankan aktiftas antar wialayah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya