Yuk Ikut Lomba TPS Terunik dan Swafoto, Berhadiah Total 120 juta

Kalian tinggal posting foto dalam akun instagram

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan lomba untuk memeriahkan pemilihan umum yang berlangsung, Rabu (17/4). Pemenang lomba ini akan mendapatkan hadiah total hadiah mencapai Rp 120 juta.

Ridwan Kamil mengatakan, perlombaan ini akan terbagi untuk empat kategori. Pertama, untuk tempat pemungutan suara (TPS) yang dibuat paling unik mulai dari aksesoris hingga konsep yang diusung dalam TPS itu untuk memeriahkan pemungutan suara.

Kedua, Ridwan Kamil juga akan memberikan hadiah kepada TPS yang paling banyak pemilihnya. Pemilih ini bisa dicek juga dari persentase masyarakat yang datang ke TPS tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ada.

Ketiga, Emil, sapaan akrabnya, akan mencari informasi mengenai pegawai di TPS yang paling heroik untuk mengajak maupun memudahkan masyarakat dalam pemilu.

Dan terakhir, para pemilih yang telah mencoblos bisa ikut serta dalam lomba ini dengan berswafoto memperlihatkan jari kelingking yang sudah terdapat tinta biru tanda ikut berpartisipasi dalam pemilihan.

1. Hadiah pertama capai Rp15 juta

Yuk Ikut Lomba TPS Terunik dan Swafoto, Berhadiah Total 120 jutaPixabay.com/EmAji

Emil menuturkan, tidak ingin kalah dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang juga melakukan sayembara ini. Dia akan memberikan hadiah pertama mencapai Rp15 juta.

"Semoga ini menjadi motivasi juga untuk TPS-nya," ujar Emil dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri), Selasa (16/4).

Sedangkan untuk juara kedua Emil akan memberikan hadiah sebesar Rp10 juta. Dan untuk juara ketiga bisa mendapat Rp 5 juta.

2. Yang heroik akan diambil dari pemberitaan media massa

Yuk Ikut Lomba TPS Terunik dan Swafoto, Berhadiah Total 120 jutaIDN Times/Abdurrahman

Untuk petugas TPS heroik, Emil bersama tim dari Humas Pemprov Jabar akan mencari pemberitaan mengenai sosok yang dianggap paling heroik dalam menjalankan tugasnya. Misal, bagaimana para petugas ini membawa kotak suara ke pelosok daerah yang sulit dijangkau kendaraan, atau hal lain yang dianggap memiliki jasa besar dalam pemilihan umum.

"Nanti ada monitor, cerita drama yang paling mengharukan. Ini bisa jadi terbaik dan mendapat hadiah utama," papar Emil.

Baca Juga: KPU Jabar: 210 TPS Bakal Direlokasi karena Lokasi Terendam Banjir

Baca Juga: Besok Bakal Ada 5 Jenis Kertas Suara di TPS, Begini Cara Mencoblosnya

3. Tunjukan jari kelingking kalian usai mencoblos

Yuk Ikut Lomba TPS Terunik dan Swafoto, Berhadiah Total 120 jutaDok.Pribadi/Hafshah Najma

Untuk para pemilih, Ridwan Kamil pun menyiapkan hadiah yang tak kalah menarik. Syaratnya, selesai mengikuti pencoblosan, kalian bisa berswafoto dengan memperlihatkan jari kelingking baik tangan kiri maupun tangan kanan sebagai tanda telah mengikuti rangkaian pemilihan umum.

Foto yang boleh dikirim dalam lomba ini hanya mensyaratkan jari kelingking saja. Jika ada swafoto dengan pose jari lain maka penitia akan mendiskualifikasinya.

4. Lalu bagaimana caranya untuk ikut lomba?

Yuk Ikut Lomba TPS Terunik dan Swafoto, Berhadiah Total 120 jutainstagram.com/marissaln

Bagi yang ingin mengikuti lomba ini kalian tinggal berswafoto dalam akun Instagram pribadi, baik untuk TPS terunik, TPS terbanyak, hingga swafoto jaring kelingking. Dalam postingan ini tautkan pula akun Instagram milik Gubernur Ridwan Kamil dan Humas Pemprov Jabar.

Tak hanya itu, kalian juga wajib membuat keterangan yang menarik dan keren terkait dengan foto dalam postingan tersebut. Jangan lupa, di akhir keterangan yang dibuat cantumkan juga hastag #PemiluJabarGembira.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya