Waspada COVID-19, Petugas Semprotkan Disinfektan di Bandara Kertajati

Bandara ini sempat jadi tempat singgah menteri perhubungan

Bandung, IDN Times - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) berupaya menerapkan standar kesehatan dan pengamanan yang memadai terkait pencegahan virus corona (COVID-19) di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Upaya ini bahkan dilakukan sebelum Kertajati menjadi lokasi pendaratan awak kapal Diamond Princess dari Jepang, 2 Maret lalu.

“Bandara Kertajati kami pastikan aman bagi penumpang yang akan berangkat dari dan ke Bandara Kertajati,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (15/3).

1. Upaya menjaga kebersihan rutin dilakukan

Waspada COVID-19, Petugas Semprotkan Disinfektan di Bandara KertajatiDok.IDN Times/Istimewa

Rafi memastikan manajemen bandara rutin melakukan disinfektan seluruh fasilitas dan ruang yang berada di bandara. Prosedur pemeriksaan suhu penumpang yang berangkat dan tiba di bandara tersebut pun sudah dijalankan. Menurutnya seluruh standar ini sesuai dengan imbauan dan surat keputusan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Bandara KJT, sudah melakukan dan rutin menggelar sejumlah upaya agar bandara ini bebas dari penyebaran virus, seluruh fasilitas dari mulai bagasi, eskalator, kursi tunggu penumpang, tangga kita lakukan disinfektan,” ujar Rafi.

2. Penumpang diharapkan tidak khawatir saat akan menggunakan fasilitas di Kertajati

Waspada COVID-19, Petugas Semprotkan Disinfektan di Bandara KertajatiDok.IDN Times/Istimewa

Pihak PT BIJB mengimbau agar calon penumpang tidak khawatir dan tidak mempercayai beredarnya rumor dan hoax yang memberitakan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi tertular virus corona pada 3 Maret lalu di Kertajati.

Insya Allah Bandara Kertajati aman, proses pendaratan ABK Diamond Princess beberapa waktu lalu prosedur keamanan dan kesehatan bandara sudah dilakukan, bahkan setelah pendaratan ABK bandara saat itu langsung disterilkan,” kata Rafi.

Pihaknya juga sudah meminta agar para pegawai di bandara untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan. Tak hanya itu, ia pun meminta para pegawai bandara mengikuti seluruh prosedur pencegahan yang diterapkan pihak bandara.

3. Penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di berbagai tempat termasuk masjid

Waspada COVID-19, Petugas Semprotkan Disinfektan di Bandara KertajatiPenyemprotan disinfektan di Masjid Raya Bandung sebagai langkah antsipasi penyebaran virus corona. IDN Times/Debbie Sutrisno

Upaya melakukan penyemprotan disinfektan mulai masif dilakukan pemerintah di berbagai daerah terhadap banyak fasilitas. Salah satu fasilitas umum adalah masjid, karena di tempat inilah para umat muslim menjalankan ibadahnya.

Di Bandung, Polrestabes bersama Pemkot Bandung telah melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Raya Bandung dan sekitar alun-alun Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, kegiatan bersih-bersih dan penyemprotan desinfektan merupakan upaya mengantisipasi bahaya virus corona.

Ia pun mengimbau masyarakat menjaga kebersihan diri dengan berperilaku hidup sehat, imunisasi, dan makan asupan yang bergizi. "Jangan yang sifatnya mengurangi imunitas kita juga menghindari pertemuan banyak orang, itu saya kira yah," katanya.

Oded memastikan pihaknya akan melakukan kegiatan tersebut kurun waktu satu dan dua bulan ke depan. Menurutnya, Pemkot Bandung akan selalu mengevaluasi kegiatan antisipasi penyebaran virus korona.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Tempat Publik Disemprot Disinfektan Setiap Hari

Baca Juga: UN Ditunda karena Virus Corona, Kemendikbud: Akan Ada Aturan Khusus 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya