Stadion GBLA Tak Terawat, Lahan Parkir Jadi Tempat Lomba Merpati

Investasi untuk membangun stadion ini tidak sedikit

Bandung, IDN Times - Menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-20, pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PPSI) akan mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah perhelatan tersebut. Beberapa stadion kebanggaan masyarakat Indonesia pun bakal dipilih, salah satunya adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), yang berada di Kota Bandung.

Namun layakkah stadion ini menggelar perhelatan sebesar itu? Di tengah kondisi stadion GBLA yang bermasalah dan tidak pernah digunakan pasca tragedi meninggalnya suporter Persija Jakarta?

IDN Times mencoba mendatangi stadion ini untuk mengecek kondisi stadion yang sempat menjadi Homebase Persib Bandung. Dari pantauan yang dilakukan stadion ini sangat tidak terawat di bagian luar. Di area sekitar yang semestinya dijadikan tempat parkir kendaraan pengunjung stadion, kondisinya memprihatinkan. Rumput ilalang sudah tinggi menjulang, kering, dan berserakan.

Pada salah satu sudut, bahkan terdapat lahan parkir yang kemudian berubah menjadi tempat lomba burung merpati. Untuk masuk ke tempat ini sangat mudah karena tembok pembatasan antara jalan dan lahan GBLA sudah runtuh tak berbekas. Warga pun bisa dengan mudah masuk ke sini.

1. Tempat lomba ini sudah ada sejak lama

Stadion GBLA Tak Terawat, Lahan Parkir Jadi Tempat Lomba MerpatiDok.IDN Times/Istimewa

Salah satu warga sekitar, Aceng, menuturkan, tempat lomba merpati ini memang sudah lama ada. Karena lahan tidak terpakai secara optimal kemudian ada pihak yang membangun di tempat tersebut.

"Ya sudah ada kalau dulu Persib main di sini juga ada," ujar Aceng, Selasa (16/7).

Menurut Aceng, setiap hari perlombaan merpati ramai di sini. Menjelang sore kendaraan baik motor maupun mobil sudah berjejer terparkir di samping jalan. Puncaknya adalah akhir pekan, Sabtu dan Minggu, lebih banyak lagi yang datang.

2. Keretakan fasilitas di stadion terjadi di beberapa sudut

Stadion GBLA Tak Terawat, Lahan Parkir Jadi Tempat Lomba MerpatiDok.IDN Times/Istimewa

Sempat masuk ke dalam lapangan dan melihat di sekitar, terdapat beberapa keretakan fasilitas yang ada. Misalnya di tempat track lari yang memang retak meski tidak besar. Kemudian beberapa tembok juga terlihat retak, walau sudah mulai dilapisi kembali dan dicat.

Selain keretakan, ada juga pagar pembatas penonton yang mulai hilang. Selain itu kondisi toilet pun beberapa ada yang tidak layak.

3. Dispora menyanggah kerusakan fasilitas

Stadion GBLA Tak Terawat, Lahan Parkir Jadi Tempat Lomba MerpatiDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya Kepala Dispora Bandung Eddy Marwoto membantah jika ada fasilitas di GBLA yang hilang atau dicuri. Sebab di sana ada aparat keamanan termasuk pengelola yang berjaga agar tidak ada pencurian fasilitas tertentu.

"Jadi apa yang diberitakan gak benar. Kita ada pemeliharaan walaupun (dana) tidak besar. Dan itu bohong kalau ada informasi (fasilitas hilang)," paparnya, Senin (15/7).

Eddy mengatakan, saat ini Pemkot Bandung sudah melakukan komunikasi lintas sektoral terkait kondisi dan apa yang harus dilakukan untuk menghidupkan kembali Stadion GBLA. Pihaknya juga sudah melakukan rapat beberapa kali di mana kemungkinan terbesar fasilitas ini akan dikelola pihak ketiga. Sebab dana pemeliharaan tidak sedikit dan Pemkot Bandung tidak memiliki anggaran untuk perbaikan tersebut.

"Kita masih bahas, menilai klausul apa yang bisa didapat dari segi ekonomi. Jadi pemkot tidak dirugikan. Ini proses menuju ke sana," ujarnya.

Menurut Eddy, Pemkot Bandung pun enggan membiarkan aset ini terbengkalai dan tidak digunakan. Padahal Stadion GBLA sempat dijadikan salah satu stadion terbaik. Sorotan negatif dari masyarakat pun wajar karena mereka jelas berharap tempat ini bisa dipakai kembali khususnya untuk menggelar pertandingan sepakbola.

Baca Juga: Menpora Dalami Kabar GBLA yang Terbengkalai

Baca Juga: Pemkot Bandung: GBLA Tak Terawat karena Minim Anggaran 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya