Rawan Pencurian, Pemkot Bandung Perketat Penjagaan di Flyover Kopo

Lampu penerangan jalan di Flyover Kopo sering dicuri

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meningkatkan pengawasan dan pengamanan di sepanjang jalan layang (flyover) Kopo untuk mengantisipasi terjadinya kembali ratusan lampu penerangan jalan yang hilang dicuri.

“Mau tidak mau ya tentunya akan kita meningkatkan keamanan dan kita akan segera perbaiki. Mudah-mudahan tidak ada kejadian seperti itu lagi,” kata Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Senin (29/1/2024).

1. Sayangkan adanya pencurian lampu

Rawan Pencurian, Pemkot Bandung Perketat Penjagaan di Flyover KopoDok. Humas Pemkot Bandung

Dia menyesalkan terjadinya kasus pencurian ratusan lampu penerangan jalan layang tersebut karena dapat membahayakan pengguna jalan saat berkendara pada malam hari.

“Ya itu dia, makanya di satu sisi sedih ya. Sedih karena ini warga Kota Bandung, masa sih bisa seperti itu. Harusnya malu karena itu bukan perilaku kita,” kata dia.

Pemkot Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga lampu di sepanjang jalan layang ini, sehingga terjaga dengan baik.

2. Total ada 118 lampu di flyover Kopo hilang dicuri

Rawan Pencurian, Pemkot Bandung Perketat Penjagaan di Flyover KopoIlustrasi flyover. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Transportasi Dishub Kota Bandung, Panji Kharismadi mencatat sebanyak 118 total lampu di Jalan Layang Kopo hilang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Itu (Jalan Layang Kopo) aset Kementerian PUPR, tapi sudah serah terima pengelolaan. Yang dicuri ada banyak. Jadi lampu di Flyover Kopo banyak jumlahnya, per ruas jalan kanan-kiri total 936 buah lampu. Pada ruas Jalan Flyover Kopo dari Timur ke Barat ada 33 buah lampu hilang, dari arah sebaliknya 85 buah lampu hilang. Jadi total 118 lampu LED hilang," kata dia.

Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya mengaku belum bisa mengidentifikasi pelaku dari kejadian ini. Sebab, di sepanjang jalan layang tersebut belum memiliki kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). 

“Kami sudah berkoordinasi dgn Kementerian PUPR yang membangun jalan layang tersebut bahwa disana belum ada CCTV, sehingga pelaku belum bisa diidentifikasi,” kata Panji.

3. Mari sama-sama menjaga fasilitas publik

Rawan Pencurian, Pemkot Bandung Perketat Penjagaan di Flyover KopoJembatan Pasupati (facebook.com/ASTON Tropicana Hotel Bandung)

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga fasilitas-fasilitas umum tersebut, dan jika mendapati ada oknum dengan tindakan berpotensi melakukan tindakan kejahatan terhadap penerangan jalan dan fasiltas umum lain, diminta untuk menegur dan melaporkannya.

“Kepada para pelaku untuk segera menghentikan perbuatan yg merusak fasilitas kota dan kami tidak segan-segan untuk memproses secara pidana apabila ditemukan alat bukti,” katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya