PT PBB Kembali Ajukan Stadion GBLA Jadi Homebase Persib untuk Liga I

Stadion ini telah menelan banyak nyawa suporter sepakbola

Bandung, IDN Times - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) kembali mengajukan agar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bisa menjadi homebase Persib Bandung dalam kompetisi Liga Indonesia yang mulai digelar akhir Juli 2022. Namun, hingga sekarang belum ada kepastian dari PT LIga Indonesia Baru (LIB).

Direktur PT PBB Teddy Tjahjono mengatakan, pengajuan ini masih berproses dan kepastiannya sebelum tanggal 24 Juli di mana Persib tanding di laga perdana.

"Yang kami usulkan ke LIB dari awal itu GBLA. Hanya satu yang diusulkan," ujarnya ditemui di Graha Persib, Rabu (13/7/2022).

1. Berbagai fasilitas sudah diperbaiki

PT PBB Kembali Ajukan Stadion GBLA Jadi Homebase Persib untuk Liga IStadion GBLA (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sambil menunggu kepastian dari PT LIB, PT PBB pun melakukan perbaikan berbagai fasilitas di Stadion GBLA. Mulai dari lampu, rumput, hingga kursi mulai dibenahi agar layak untuk menggelar pertandingan Liga Indonesia.

Terkait fasilitas, Teddy belum bisa memastikannya. Terakhir jumlah kapasitas yang bisa digunakan penonton baru 15 ribu.

"Kami akan selalu berproses melakukan evaluasi kalau ada kekurangan kita akan lakukan perbaikan jadi lebih baik," kata dia.

2. Antisipasi penumpukan penonton ke GBLA

PT PBB Kembali Ajukan Stadion GBLA Jadi Homebase Persib untuk Liga IDok.IDN Times/Istimewa

Kapasitas tidak setara dengan jumlah penonton yang ingin datang ke stadion membuat PT PBB melakukan komunikasi bersama sejumlah komunitas suporter Maung Bandung. Harapannya mereka bisa memberikan informasi lebih jelas ketika ingin datang menyaksikan Persib secara langsung dari tribun.

Artinya, suporter yang datang ke lapangan diharap hanya mereka yang sudah memiliki tiket resmi. Jangan sampai penonton tak punya tiket justru datang dan memadati kawasan stadion.

"Satu NIK satu tiket connect (terkoneksi) ke PeduliLindungi. Dan Pak Jokowi juga sudah memutuskan untuk pengunjung ke tempat umum harus sudah booster makanya penting tiket harus online karena nyambung ke PeduliLindungi, apabila penonton belum booster otomatis tidak disetujui untuk beli tiket," paparnya.

3. Stadion GBLA sempat dipasangi garis polisi

PT PBB Kembali Ajukan Stadion GBLA Jadi Homebase Persib untuk Liga IStadion GBLA (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelumnya, garis polisi melintang di salah satu akses pintu masuk menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Pemasangan garis polisi tersebut setelah adanya dua Bobotoh meninggal ketika pertandingan Persib vs Persebaya, Jumat (17/6/2022).

Area di sekitar stadion terutama di gerbang V terlihat sudah dipasangi garis polisi. Tak sembarang orang bisa mendekat ke area stadion. Bila hendak mendekat, maka harus memberitahukan maksud dan menunjukkan surat pada petugas keamanan yang berjaga.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo membenarkan pihaknya telah memasang garis polisi tersebut. Menurutnya, pemasangan ini untuk kepentingan melakukan pendalaman atas insiden tewasnya dua Bobotoh. Selain itu, garis polisi dipasang karena ada sejumlah bagian stadion yang sedang diperbaiki.

"Memang kan kita sekarang melaksanakan pendalaman di Stadion GBLA maka areanya kita police line untuk melakukan investigasi," kata dia.

Baca Juga: PT. Persib dan Pemkot Bandung Segera Rombak Kerusakan Stadion GBLA

Baca Juga: Efek Domino Wafatnya Bobotoh, Stadion GBLA Terbengkalai Lagi!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya