Comscore Tracker

Peserta Demo di Pemkot Bandung yang Reaktif Corona Sudah Dites Swab

Masih mau berkerumun? Gak takut terular virus corona

Bandung, IDN Times - Tiga orang peserta aksi damai pekerja hiburan malam yang digelar di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, dinyatakan reaktif COVID-19 usai menjalani rapid test, Senin(3/8/2020).

Tiga orang peserta aksi ini memang menjalani rapid test yang diadakan Dinas Kesehatan Jawa Barat sebelum melakukan audensi bersama sejumlah pejabat terkait di balaikota.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jabar Berli Hamdani menuturkan, atas temuan ini tiga pendemo itu sudah melakukan tes swab. Namun, untuk hasil tes swab belum bisa diketahui hari ini.

"Sudah ditindak lanjuti dengan swab. Hasilnya belum keluar. Jadi salah satu protokol kesehatan pada masa pandemik ini, yang ada kontak massal harus di rapid test," ujar Berli, Senin (3/8/2020).

1. Masyarakat seharusnya patuhi protokol kesehatan dengan tidak berkerumun

Peserta Demo di Pemkot Bandung yang Reaktif Corona Sudah Dites SwabDok.IDN Times/Istimewa

Berli pun mengingatkan bahwa pandemik COVID-19 belum usai. Dia mengimbau agar masyarakat bisa menaati protokol kesehatan yang ditetapkan seperti menggunakan masker terutama saat mengikuti aksi yang membuat kerumunan massa.

"Yang harus ditekankan bahwa pandemi ini belum berakhir, belum tahu sampai kapan. Obat dan vaksin belum ditemukan atau diproduksi," tutur dia.

2. Tes rapid sudah disetujui oleh perwakilan pendemo

Peserta Demo di Pemkot Bandung yang Reaktif Corona Sudah Dites SwabRapid test massal di kantor Pemkab Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sekaligus Koordinator Sub Divisi Pengawasan Massa dan Penegakan Aturan Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, tes rapid tersebut dilakukan sebelum perwakilan dari massa aksi melakukan audiensi dengan sejumlah pejabat instansi terkait.

“Sebanyak 48 orang perwakilan Massa dari Perkumpulan Penggiat Pariwisata Bandung (P3B) dilakukan pemeriksaan tes rapid oleh Dinkes Provinsi Jawa Barat dan dinyatakan tiga orang perwakilan hasilnya reaktif ,” kata dia saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

3. Rapid test sebagai bentuk antisipasi

Peserta Demo di Pemkot Bandung yang Reaktif Corona Sudah Dites SwabIlustrasi rapid test. IDN Times/Zainul Arifin

Dedi mengatakan, tes rapid yang dilakukan merupakan bentuk antisipasi. Disparbud memang meminta mereka yang ingin melakukan unjuk rasa bersedia dicek.

"Akhirnya, audiensi diikuti oleh lima orang perwakilan. Nanti (yang reaktif) akan ditindaklanjuti dengan swab test. Mudah-mudahan hasilnya negatif (COVID-19),” kata dia.

Baca Juga: Hore! Kimia Farma Jual Rapid Test di Bawah Rp100 Ribu Mulai Agustus

Baca Juga: Kabar Baik Nih! Ridwan Kamil Janji Insentif Nakes Jabar Cair Pekan Ini

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya