Comscore Tracker

Eks Bupati Indramayu yang Ditahan di Lapas Sukamiskin Positif COVID-19

Wah bisa jadi ada penularan masif di lapas nih

Bandung, IDN Times - Mantan Bupati Indramayu Supendi, dikabarkan positif terpapar COVID-19. Saat ini, dia tengah menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Informasi ini pun dibenarkan Kadivpas Kemenkumham Jawa Barat Abdul Aris. Menurutnya, berdasarkan kabar yang didapat Supendi memang terpapar virus tersebut.

"Infonya begitu. Untuk langkah berikutnya yang bersangkutan diisolasi mandiri dengan koordinasi dinas kesehatan," ujar Abdul ketika dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Untuk mengetahui dari mana dia terpapar virus ini, pihak dinas kesehatan dan Lapas Sukamiskin tengah melakukan pelacakan dan rapid test massal.

1. Isolasi dilakukan di kamar tahanan

Eks Bupati Indramayu yang Ditahan di Lapas Sukamiskin Positif COVID-19(Gambaran kapasitas Lapas Sukamiskin Bandung menampung para napi) IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea mengatakan, Supendi saat ini menjalani isolasi di kamar tahanan Lapas Sukamiskin.

"Iya kemarin kita sudah tes swab positif. Cuma kita masih koordinasi dengan dokter dan tim satgas COVID-19 dulu bagaimana. Kalau dia sudah isolasi dulu untuk sementara," ujarnya.

2. Supendi ikut tes swab bersama napi lain

Eks Bupati Indramayu yang Ditahan di Lapas Sukamiskin Positif COVID-19Tenaga kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) mengambil tes swab dari pekerja pabrik tepung, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di desa Moriya pinggiran kota Ahmedabad, India, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Thurman mengatakan Supendi yang saat ini mendekam di Lapas Sukamiskin dinyatakan positif usai melakukan tes swab. Dia menjalani tes swab pekan lalu bersama beberapa napi lain.

"Ada beberapa WBP yang kita tes. Di awal juga kita sudah rapid semua hasilnya non reaktif. Belakangan saya bikin kebijakan swab, ternyata ditemukan ini. Satu ini saja (Supendi)," kata dia.

3. Lakukan koordinasi dengan dinas kesehatan

Eks Bupati Indramayu yang Ditahan di Lapas Sukamiskin Positif COVID-19Pelayanan Rapid Test di seluruh bandara wilayah ANgkasa Pura I (Dok.IDN Times/Humas Angkasa Pura I)

Dia menambahakan saat ini Supendi masih menjalani isolasi di selnya. Lapas Sukamiskin sekarang masih berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk penanganan selanjutnya.

"Kita sementara isolasi dulu kita suruh dokter kita ke tim Satgas COVID-19 Jabar dulu apakah isolasi ke rumah sakit atau bagaimana," ucapnya.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya