Densus 88 Tangkap Tujuh Terduga Teroris di Wilayah Jabar

Mereka diamankan di sejumlah tempat berbeda

Bandung, IDN Times - Polda Jabar membenarkan adanya penangkapan sejumlah orang terduga jaringan terorisme. Penangkapan dilakukan di sejumlah tempat pekan lalu.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, penangkapan teroris dilakukan oleh tim Densus 88 Antiteror. Kurang lebih ada tujuh terduga teroris yang diamankan di wilayah Jawa Barat.

“Benar ada penangkapan teroris oleh Densus 88 pada Minggu lalu sebanyak 7 orang,” kata Ibrahim dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022).

1. Semua terduga sudah dibawa ke Mabes Polri

Densus 88 Tangkap Tujuh Terduga Teroris di Wilayah JabarIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Ibrahim menyebut, penangkapan terduga teroris juga dilakukan di wilayah Cirebon, Bandung, Bogor, dan Garut, Setelah ditangkap tim Densus 88, para tersangka langsung dibawa ke Mabes Polri. Ia pun menyebut, dalam penangkapan ini pihak Polda Jabar tidak ada keterlibatannya.

“Para tersangka dibawa Mabes (Polri), tidak ada bantuan pers dari Polda (Jabar),” ucapnya.

2. Lima anggota NII diamakan di Tangerang

Densus 88 Tangkap Tujuh Terduga Teroris di Wilayah JabarIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap lima tersangka teroris kelompok Negara Islam Indonesia (NII). Kelimanya adalah SA, SO, TA, MH dan AHA.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol. Aswin Siregar, menjelaskan kelimanya ditangkap di Tangerang.

"Penegakan hukum terhadap lima orang tersangka tindak pidana terorisme Kelompok NII," kata Aswin lewat keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2022).

Densus 88 menangkap SA yang statusnya sebagai karyawan swasta dengan domisili Kelurahan Lengkong Gudang Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, Banten. Laki-laki kelahiran 9 Januari 1984 itu ditangkap di Bambu Apus, Tangsel pada Minggu (3/4/2022) pukul 07.25 WIB.

"Keterlibatan, hadir dalam pertemuan kelompok NII di Green Village Depok, pemegang rekening NII berdasarkan keterangan AY. Bendahara NII Padang yang merima uang sebesar Rp119.539.000 dari AY, menyelenggarakan rihlah (pergantian struktur) berupa psikotes dan wawancara dan serta longmarch 40 kilometer di Sumatra Barat," kata Aswin.

3. Parda Maret ada 3 terduga teroris pun sempat diamankan

Densus 88 Tangkap Tujuh Terduga Teroris di Wilayah JabarIlustrasi penangkapan terduga teroris.(ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga tersangka teroris di Bogor, Palmerah dan Banten. Ketiganya ditangkap pada Selasa (15/3/2022).

Karopenmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membeberkan, ketiga tersangka itu masing-masing berinisial RS (Bogor), MR (Palmerah) dan HP (Banten). Ketiganya, disebutkan Ramadhan, berperan untuk menyebarkan propaganda lewat media sosial.

RS ditangkap di Depan Alfamart Ruko, kawasan Pemuda Jalan Griya Indah Serpong No18-21, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor pada Selasa (15/3/2022) pukul 07.46 WIB.

Lalu, MR ditangkap di Palmerah Barat II-C 12-16, RT 10 RW 09, Palmerah, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta pada Selasa, (15/3/2022) pukul 08.29 WIB.

Sedangkan tersangka HP, ditangkap di Jalan RE Martadinata RT 03 RW 09 Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan, Banten pada Selasa (15/3/2022) pukul 10.55 WIB.

"Kelompok Medsos bukan termasuk jaringan teroris, tapi perbuatan melawan hukumnya yaitu masuk dalam tindak pidana terorisme," ujar Ramadhan kepada IDN Times.

Baca Juga: Diduga Jaringan Teroris, Seorang Pria di Bandung Diciduk Tim Densus 88

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya