DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?

Usulan Pj akan diserahkan ke Kemendagri RI

Cimahi, IDN Times - Tiga nama diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi untuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi. Usulan didapat berdasarkan hasil rapat bersama unsur pimpinan dan semua fraksi.

Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zulkarnain mengatakan, nama-nama calon Pj Wali Kota Cimahi yang sudah dikantongi sudah diserahkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab nama calon Pj itu harus diserahkan paling lambat hari ini, Jumat (8/9/2023).

"Dari hasil rapat pimpinan DPRD Kota Cimahi dengan jajaran Ketua Fraksi sudah disampaikan bahwa pengajuan ke Kemendagri terkait usulan nama Pj Wali Kota Cimahi," kata Achmad saat dihubungi, Jumat (8/9/2023).

 

1. Calon Pj berasal dari Pemprov Jabar dan Pemkot Cimahi

DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?Kepala DBPSDM Provinsi Jawa Barat Hery Antasari. (Dok/Instagram @bpsdmjabar

Tiga nama yang diusulkan DPRD Kota Cimahi itu adalah Dikdik Suratno Nugrahawan yang saat ini masih menjabat Pj Wali Kota Cimahi. Namun masa jabatannya akah berakhir pada Oktober mendatang karena sesuai aturan masa jabatan Pj hanya berlaku satu tahun.

Kemudian nama lainnya ada Hery Antasari yang menjabat Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat dan Dicky Saromi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

"Tiga nama calon yang mendapatkan suara terbanyak itulah yang akan diusulkan ke Mendagri," ucap Achmad.

2. Pj terpilih ditentukan kemendagri

DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?Kepala DPMD Dicky Sarono. (Dok/Instagram @dpmdesajabar)

Achmad menjelaskan, penetapan usulan tiga nama calon Pj Wali Kota Cimahi itu dilakukan sesuai mekanisme dimana pimpinan DPRD Kota Cimahi meminta fraksi-fraksi untuk mengusulkan. Kemudian, dilakukan rekapitulasi nama calon yang diajukan dan diurutkan berdasarkan calon yang mendapatkan suara terbanyak.

Dirinya mengatakan nantinya Kemendagri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Pj Wali Kota Cimahi. Pihaknya berharap sebelum 22 Oktober 2023 pihaknya sudah menerima Surat Keputusan (SK) Kemendagri terkait nama yang ditetapkan tersebut.

"Tiga nama calon yang mendapatkan suara terbanyak itulah yang akan diusulkan ke Mendagri. Kemungkinan sebelum tanggal 22 Oktober 2023 sudah keluar SK-nya agar ada persiapan pelantikan, administrasi, dan sebagainya," tutur dia.

3. Kota Cimahi tidak memiliki pimpinan definitif sejak tahun lalu

DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan. (Dok/Humas Pemkot Cimahi)

Seperti diketahui, Kota Cimahi sendiri tidak memiliki kepala daerah definitif sejak berakhirnya masa jabatan wali kota sebelumnya yakni Ngatiyana pada Oktober 2022. Kekosongan itu diisi Pj sesuai aturan perundang-undangan yang ada.

Ada tiga nama yang tahun lalu diusulkan menjadi Pj Wali Kota Cimahi yakni Dikdik Suratno Nugrahawan yang saat itu menjadi Sekretaris Daerah Kota Cimahi. Kemudian Hery Antasari dan Beny Bachtiar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Nama yang terpilih akhirnya Dikdik.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya