Comscore Tracker

Bejat! HRD Gadungan Ini Minta Uang sampai Setubuhi Para Pencari Kerja

Korban juga diminta foto bugil

Cimahi, IDN Times - Suherman (24) warga Cihampelas, Kabupateen Bandung Barat (KBB) hanya bisa tertunduk malu dengan pakaian oranye dan borgol di tangan. Suherman mengaku sebagai seorang HRD di perusahaan susu di KBB yang berhasil menipu dan memperkosa belasan pencari kerja.

Sebanyak sebelas orang perempuan menjadi korban tindak pelecehan dan pemerkosaan oleh seorang HRD gadungan PT Ultrajaya Gadobangkong. Selain tindak perkosaan, pelaku juga melakukan penipuan hingga meraup jutaan rupiah dari kantong korban.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf mengatakan, kasus itu terungkap saat korban melapor tindak penipuan dan pemerkosaan yang dilakukan pelaku. Korban mengaku, dirinya diminta foto bugil dan sejumlah uang jutaan rupiah.

"Berawal dari adanya laporan korban tanggal 20 Juli, korban melaporkan adanya tindak pidana penipuan, penggelapan serta adanya perbuatan tidak senonoh berupa pemerkosaan dan foto korban tanpa busana. Tanggal 30 juli tersangka berhasil diamankan di daerah Cililin, Cihampelas KBB," ungkap Yoris saat gelar perkara, Senin (3/8/2020).

1. Pelaku gunakan facebook untuk menjaring korban

Bejat! HRD Gadungan Ini Minta Uang sampai Setubuhi Para Pencari Kerjaabcnews.go.com

Yoris menjelaskan, modus pelaku menipu korban dengan cara memasang poster lowongan pekerjaan PT Ultrajaya palsu di media sosial facebook. Poster lowongan pekerjaan tersebut akhirnya mendapat respon dari warga Bandung Barat dan Cimahi hingga pelaku dan korban saling bertukar kontak.

Tak sadar bahwa sang pelaku merupakan HRD gadungan di perusahaan itu, korban pun terperdaya dan menuruti keinginan tersangka demi pekerjaan yang dijanjikan pelaku.

"Akhirnya mereka (pelaku dan koraban) berkomunikasi. Saat komunikasi, tersangka mengakui sebagai HRD dan menjanjikan memasukkan para korban di perusahaan tersebut. Sehingga akhirnya korban terperdaya dan awalnya hanya dimintai uang sebanyak 1,5 juta untuk administrasi," ujarnya.

2. Foto bugil diminta dengan alasan untuk cek fisik

Bejat! HRD Gadungan Ini Minta Uang sampai Setubuhi Para Pencari KerjaIDN Times/Bagus F

Tak puas menyedot harta korban, sang HRD gadungan itu kemudian meminta para korban mengirimkan foto dengan pose bugil. Alasannya, untuk memeriksa fisik calon karyawan demi pekerjaan di PT Ultrajaya.

"Selanjutnya tersangka meminta foto bugil korban dengan dalih untuk melakukan cek fisik. Beberapa korban akhirnya mengikuti keinginan tersebut dan mengirimkan foto tanpa busana," papar Yoris.

3. 4 pencari kerja berhasil disetubuhi pelaku

Bejat! HRD Gadungan Ini Minta Uang sampai Setubuhi Para Pencari KerjaIDN Times/Bagus F

Dari hasil penyelidikan, pelaku sudah berhasil menipu 11 orang pencari pekerjaan. Dari 11 orang itu, 4 orang wanita berhasil ia setubuhi. Iming-iming pelaku masih sama yakni menjanjikan masuk sebagai pekerja tetap di PT Ultrajaya.

"Dari 11 orang korban, 4 orang  korban ini terperdaya dan akhirnya mau melakukan hubungan badan dengan tersangka sebanyak 4 kali. Ini TKP-nya di beberapa tempat di antaranya rumah kos-kosan punya teman tersangka dan juga di kebun milik masyarakat," paparnya.

4. Tersangka ditahan di Mapolres Cimahi

Bejat! HRD Gadungan Ini Minta Uang sampai Setubuhi Para Pencari KerjaIlustrasi napi (Facebook/Komisi Pemberantasan Korupsi)

Yoris mengungkapkan, pekerjaan sebenarnya HRD gadungan PT Ultrajaya itu hanyalah seorang sopir angkutan umum. Atas perbuatannya, Suherman dikenai pasal 44 undang-undang 2008 tentang pornografi, pasal 372 tentang penggelapan dan pasal 378 tentang penipuan.

"Saat ini tersangka kita tahan di Satreskrim polres Cimahi. Korban mengaku sangat menyesal kita doakan tersangka dapat dihukum seberat beratnya," tandasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya