Didakwa Sebar Hoax, Bahar bin Smith Minta 10 Kiyai Garut Dihadirkan

Permintaan Bahar diucapkan di depan Majelis Hakim!

Bandung, IDN Times - Penceramah kontroversial Bahar bin Smith meminta jaksa hadirkan sepuluh kiyai dari Garut, karena dianggap sangat kontra terhadap isi ceramahnya.

Permintaan saksi ini keluar langsung dari mulut Bahar dalam persidangan dakwaan penyebaran berita bohong pada ceramah Maulid Nabi di Kabupaten Bandung. Persidangan ini digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (5/4/2022).

"Saya ingin meminta yang mulia jaksa agar nanti ketika menghadirkan saksi, dibaca halaman 11 (dalam surat dakwaan). Saya minta tolong dihadirkan," ucap Bahar dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022).

1. Ada 10 kiyai berasal dari pengurus ponpes dan MUI Garut

Didakwa Sebar Hoax, Bahar bin Smith Minta 10 Kiyai Garut DihadirkanPersidangan Bahar bin Smith di PN Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam dakwaan halaman 11 ini, jaksa menuliskan bahwa ada sepuluh nama yang menganggap bahwa isi ceramah Bahar yang menjadi perkara tidak sesuai dengan fakta yang ada. Sehingga, Bahar minta semuanya dihadirkan di ruang sidang.

Adapun sepuluh nama ini yaitu: KH Faisal Sobari pimpinan ponpes Daarus Syifa Garut; KH Alum Burhanudin pimpinan Ponpes Miftahul Huda Garut; KH Abdul Mujib pimpinan ponpes Fauzan Garut; RD Amin Muhyiddin pimpinan Ponpes Assaadah Garut; KH RD Jujun Junaedi pimpinan Ponpes Al-Ghoniyyah; H Mu'tashim Billah pimpinan Ponpes An-nur Garut; KH Jamjam Nurjaman pimpinan Ponpes Ar-Rohmat; H Bunyamin pimpinan Ponpes Najaahaan Garut; KH Dadang Ridwan pimpinan Ponpes Al Taqwa Darussalam; dan Ketua MUI Garut KH Sirojul Munir.

"Saya minta juga dihadirkan sebagai saksi. Saya minta dihadirkan yang kontra atas ceramah saya," ungkap Bahar.

2. Permintaan Bahar dianggap mendahului

Didakwa Sebar Hoax, Bahar bin Smith Minta 10 Kiyai Garut DihadirkanPersidangan Bahar bin Smith di PN Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, permintaan Bahar ini kemudian ditampik oleh majelis hakim. Pimpinan majelis hakim, Dodong Rusdani mengatakan, semua itu bisa dituliskan dalam pengajuan eksepsi. Sehingga, apabila nanti putusan sela eksepsi diterima, artinya sidang tak dilanjutkan ke pemeriksaan saksi.

"Kalau habib bicara, itu seolah mendahului. Kalaupun sekiranya eksepsi ditolak, baru berbicara," kata hakim.

3. Hakim sebut permintaan bahar bisa dituruti

Didakwa Sebar Hoax, Bahar bin Smith Minta 10 Kiyai Garut DihadirkanBahar bin Smith (IDN Times/Galih Persiana)

Kemudian, hakim bilang bahwa sepanjang nama-nama yang diminta hadir itu termuat dalam BAP, jaksa tentunya akan menghadirkan. Dengan begitu ia meminta agar Bahar tidak mendahului putusan eskepsi yang akan ditempuh.

"Sepanjang namanya termuat dalam BAP, sudah barang tentu saksi tersebut dipanggil dihadapkan ke persidangan," kata hakim.

4. Kejati Jabar anggap Bahar sebar hoaks

Didakwa Sebar Hoax, Bahar bin Smith Minta 10 Kiyai Garut DihadirkanANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sebelumnya jaksa menganggap bahwa Bahar telah mengaburkan fakta seputar Habib Rizieq Shihab dan enam anggota laskar FPI. Hal ini disampaikan Bahar dalam ceramah dan disaksikan oleh ribuan umat islam.

"Tidak ada ulama Rizieq Shihab ditangkap karena merayakan Maulid Nabi. Tidak benar dan bohong besar," ujar salah seorang jaksa penuntut umum disela pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (5/4/2022).

Kemudian, jaksa juga menganggap bahwa pernyataan hoax yang disampaikan Bahar tentang Rizieq Shihab hanya akan membangkitkan amarah masyarakat. Adapun pernyataan keliru ini diunggah melalui ponsel Tatan Rustandi yang saat ini juga berstatus terdakwa.

Selain itu, Bahar juga mengaburkan fakta pada umat mengenai kematian laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek karena dibantai. Jaksa menilai bahwa hal ini tidak benar dan menjadi kabar palsu yang tersebar di kalangan masyarakat.

"Enam laskar FPI terbunuh dibunuh, disiksa juga adalah merupakan berita bohong," ungkapnya.

Baca Juga: Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke Hakim

Baca Juga: Bahar bin Smith Didakwa Sebar Hoax Dalam Ceramah Maulid Nabi Muhammad

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya