Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak Mampu

Pemkot Bandung harus lebih baik lagi mengelola Stadion GBLA

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menyayangkan adanya peristiwa kolam ikan hias yang hidup di sekat tribun timur Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Insiden ini terekam dalam video dan viral di media Twitter.

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Aries Supriyatna mengatakan, peristiwa ini menunjukkan bahwa perawatan atau peliharaan GBLA oleh Pemkot Bandung kurang baik.

"Ini menjadi catatan dan tidak bisa terabaikan. Ke depan ini menjadi pelajaran yang berarti untuk perbaikan kontrol dari pemerintah khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung," ujar Aries saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

1. Kasus ini jadi bahan bully-an warga Kota Bandung

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak MampuTwitter.com/dedihermayadi

Peristiwa ini harusnya tidak menjadi bahan pembicaraan yang berlebihan oleh publik. Namun, Aries mengatakan, Dispora Kota Bandung harus lebih serius dalam mengelola Stadion GBLA dalam kondisi seperti sekarang.

"Soal pemeliharaan jangan sampai lagi kejadian begini. Ini ironi lah yah, ada ikan hias di tribun. Jadi lelucuan warga jadi dibully," ungkapnya.

2. Peristiwa ini menjadi catatan Pemkot Bandung

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak MampuFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Tanggapan miring masyarakat soal peristiwa ini jangan dianggap sepele. Sebab, Aries bilang, Stadion GBLA menjadi simbol atau martabat dari masyarakat Kota Bandung itu sendiri.

"Buat Pemkot Bandung ini harus jadi perhatian karena walaupun bagaimana GBLA proses panjang ada harapan masyarakat Kota Bandung di sana," tuturnya.

3. Kejadian seperti ini jangan sampai terjadi

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak MampuFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Ia berpesan, Pemkot Bandung harus lebih memperhatikan proses pemeliharaan dan dikontroling harus lebih dimaksimalkan. Ke depan, jangan lagi ada insiden serupa ditemukan masyarakat secara langsung.

"Kejadian seperti ini jangan sampai terjadi kan lucu ini, yang nantinya kami banggakan sekarang tidak terpakai "aya balong lauk hias" itu kayak yang di sengaja," kata dia.

4. Pemkot Bandung benarakan ada kejadian ini

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak MampuRetsa Rizaldi

Kepala Dispora Kota Bandung, Eddy Marwoto menjelaskan, kasus ini berawal dari ikan yang berada di kolam besar stadion GBLA masuk ke tribun timur. Pada saat itu, katanya, hujan deras memang tengah mengguyur Bandung.

"Memang ada kolam besar, itu merupakan pencanangan penanaman benih ikan oleh Bapak Pangdam III Siliwangi pada saat Hut TNI tahun lalu atau beberapa bulan lalu," ujar Eddi, saat dihubungi, Selasa (23/2/2021).

Setelah ikan-ikan itu masuk dalam stadion, Eddi mengatakan, Pemkot Bandung tidak bisa melakukan penyedotan lantaran alat pendukung yang hendak digunakan ternyata dalam kondisi rusak.

"Karena mesin kita agak rusak, jadi belum disedot. Tetapi hari ini sudah diperbaiki mesinnya, jadi genangan airnya sudah kita sedot dan dialirkan ke saluran," ungkapnya.

5. Perawatan Stadion GBLA mencapai Rp3,9 miliar

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak MampuIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu Sekretaris Dispora, Sigit Iskandar, mengakui bahwa perawatan sudah dilakukan dengan maksimal. Namun, menurutnya saat ini GBLA  masih membutuhkan anggaran tambahan guna melengkapi sederet perlengkapan.

"Jelas perawatan rutin berjalan, namun kadang-kadang mesinnya rusak, kan anggarannya belum turun kemarin," kata Sigit.

Dalam satu tahun Pemerintah Kota Bandung harus mengeluarkan anggaran hingga Rp3,9 miliar untuk perawatan Stadion GBLA. Adapun anggaran itu dialokasikan untuk perawatan rumput dan listrik.

"Listrik 90x12 = 1.080 miliar, security Rp864 juta, office boy Rp864 juta, rumput dalam Rp400 juta, rumput luar Rp200 juta, dan pemeliharaan Rp500 juta," kata dia.

6. Warga melihat langsung ada kolam ikan di skat Tribun Timur Stadion GBLA

Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak Mampubola.com

Sebelumnya, video yang menjelaskan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung senilai miliaran rupiah berubah fungsi menjadi kolam ikan viral di media sosial Twitter. Tidak adanya pertandingan sepak bola dan minimnya perawatan membuat bagian stadion tergenang air dan terdapat "kolam ikan".

Video berdurasi 0:28 detik ini diunggah oleh  @hooliganbdg dengan keterangan bahwa video dikirim oleh @mohsaepudinrohman_33.

Kondisi kolam ikan yang berada di tribun timur Stadion GBLA ini pun disaksikan oleh salah seorang warga yang sempat bermain di GBLA berinisial ZA. Menurut dia, kolam ikan itu memang berada di samping lapangan GBLA. Ia juga membenarkan bahwa video itu bukan hoax ataupun manipulasi.

"Itu pas saya lagi main bola. Pas ambil bola ke luar ada kolam yang ada ikannya. Tapi, pas kemarin saya belum ada tanamannya, cuma ikannya saja. Lokasinya pas saya di dekat tribun timur," tuturnya.

Baca Juga: Ikan Hias di Stadion GBLA Ada karena Kerja Pengelola Tak Maksimal

Baca Juga: Viral, Tribun Timur Stadion GBLA Jadi Kolam Ikan Hias

Baca Juga: Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, Begini Kata Pengelola

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya