Comscore Tracker

6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab Test

Seluruh pegawai Lapas Sukamiskin juga ikut jalani swab test

Bandung IDN Times - Seluruh warga binaan termasuk terpidana korupsi di Lapas Sukamiskin menjalani swab test virus corona (COVID-19) Kamis (4/2/2021). Hal ini dilakukan setelah ditemukan enam warga binaan terinfeksi virus corona.

Berdasarkan pantauan IDN Times, narapidana mulai bergantian keluar dari ruang tahan pada pukul 09:00 WIB. Sejumlah tokoh sekaligus terpidana korupsi mengantre dan menunggu giliran tes.

1. 358 warga binaan menjalani swab test

6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab Test(Gambaran kapasitas Lapas Sukamiskin Bandung menampung para napi) IDN Times/Arief Rahmat

Kabag Tata Usaha Lapas Sukamiskin Nunus Ananto mengatakan bahwa swab test dilakukan guna meminimalisir terjadinya penyebaran corona di dalam lapas. Ia menyebut, ada enam napi dinyatakan positif corona.

"Total ada 457 orang yang menjalani swab massal di Lapas Sukamiskin. Ada 358 napi dan 111 pegawai," ujar Nunus.

2. Ada yang menjalani isolasi di rumah sakit

6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab TestIDN Times/Santi Dewi

Ia menjelaskan, swab test dilakukan beserama Labkesd Jabar dan semua warga binaan diwajibkan untuk mengikuti tes tanpa terkecuali terpidana-terpidana korupi yang kini masih menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin.

"Kita sebelumnya sudah melaksanakan dan kemarin itu acak terdapat enam positif. Di mana satu diisolasi di rumah sakit, lima (isolasi) mandiri. Itu dipisahkan warna (warga binaan) lain," tuturnya.

3. Hasil akan diumumkan pada pekan depan

6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab TestIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Nunu menambahkan, untuk hasil dari swab ini akan langsung ditangani oleh Labkesd Jabar. Adapun hasil akan keluar diperkirakan pada Senin pekan depan.

"Dengan kondisi ada yang positif mereka proaktif melaksanakan swab dan kita sudah lihat sendiri pelaksanaan berjalan lancar," kata dia.

4. Enam orang yang positif dapat penanganan langsung dari Lapas Sukamiskin

6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab TestPetugas tengah membuka salah satu kamar di Lapas Sukamiskin yang dikunci dengan las (Istimewa)

Untuk warga binaan yang dinyatakan positif COVID-19 saat ini sudah menjalani isolasi dan mendapatkan penanganan dari Lapas Sukamiskin. Adapun keenam yang terinfeksi corona ini tidak dijelaskan oleh Nunus apakah terpidana korupsi atau kasus lain.

"Hasilnya semua akan dilaporkan oleh Labkesd Jabar yah," kata dia.

Baca Juga: Minta Dibebaskan, Eks Pengacara Setnov Fredrich Yunadi Ajukan PK

Baca Juga: Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov Sehat

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya