Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi Target

Pemda targetkan dua juta wisatawan berkunjung sepanjang 2023

Purwakarta, IDN Times - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta pada libur Lebaran 2023, melebihi target. Pemerintah daerah setempat mengklaim angka kunjungan pada periode 1-8 hari setelah lebaran kali ini mencapai 263.253 wisatawan.

“Target dari bupati hanya 200 ribu orang,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Acep Yulimulya dalam keterangan persnya, Jumat (5/5/2023).

Acep menyebut kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun lalu tidak mencapai 200 ribu orang. Sehingga, pemerintah daerah setempat hanya menargetkan kunjungan wisatawan tahun ini di angka yang sama.

1. Kunjungan wisatawan terbanyak pada H+2 lebaran

Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi TargetIlustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Menurut perhitungannya, kunjungan wisatawan pada H+1 Lebaran 2023 (23/4/2023) tercatat sebanyak 42.634 wisatawan. Jumlahnya mulai turun pada H+3 (25/4/2023) menjadi 41.294 orang hingga terakhir pada H+8 (30/4/2023) sebanyak 30.738 wisatawan.

"Jika melihat grafik kunjungan paling banyak terjadi pada H+2 lebaran sebanyak 53.101 wisatawan datang ke Purwakarta," ujar Acep. Angka tersebut diakui merupakan akumulasi dari kunjungan ke seluruh tempat pariwisata di wilayah Purwakarta.

2. Sektor pariwisata diharapkan pulihkan perekonomian

Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi TargetPedagang sedang menyiapkan sajian Sate Maranggi khas Kabupaten Purwakarta. Abdul Halim/IDN Times

Acep mengaku memantau secara langsung kondisi pada saat libur lebaran lalu, kunjungan wisatawan itu memang meningkat di setiap destinasi yang ada. Kedatangan pengunjung tak hanya menguntungkan pengelola objek wisata tapi juga tempat usaha milik masyarakat sekitarnya.

Kondisi itu pun diakui cukup memuaskan pemerintah daerahnya. “Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Purwakarta, bisa mendobrak perekonomian masyarakat yang saat ini berangsur pulih dari dampak pandemik COVID-19," tutur Acep.

3. Kunjungan wisatawan ditargetkan hingga dua juta orang

Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi Targetexplorewisata.com

Acep menyebutkan target kunjungan wisatawan ke Purwakarta hingga akhir tahun ini mencapai dua juta orang. “Ada peningkatan pada libur lebaran kemarin diharapkan target (tahun ini) bisa tercapai bahkan lebih," katanya.

Untuk itu, Disporaparbud Purwakarta juga terus melakukan upaya untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan mempromosikan destinasi dan daya tarik pariwisata lokal kepada publik di dalam maupun luar daerahnya.

4. Purwakarta bertekad jadi pusat kebudayaan di Jabar

Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi TargetInstagram

Pemerintah daerah setempat mencatat ada sebanyak 62 objek pariwisata yang dikunjungi pada Libur Lebaran 2023. Sebanyak 30 tempat di antaranya merupakan objek pariwisata alam dan buatan. Sedangkan sisanya adalah objek pariwisata religi, kuliner dan edukasi.

Bupati Anne Ratna Mustika bertekad menjadikan daerahnya sebagai pusat kebudayaan di Jawa Barat ke depannya. “Kami juga sedang merancang skema dan ide untuk menjadikan Purwakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa Barat," katanya.

Baca Juga: Lebaran 2023, Klaim JHT di BPJamsostek Purwakarta Membludak

Baca Juga: Jangan Cuma Lewat, Mudik Via Purwakarta Bisa Sambil Berwisata

Baca Juga: Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya