Survei Pilgub DKI Jakarta 2024: Sandiaga Keok, Ridwan Kamil Unggul

Nama Emil juga kalahkan Capres NasDem Anies Baswedan

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil yang masuk sebagai calon Gubernur DKI Jakarta terkuat di Pilgub 2024. Hal ini diketahui dari hasil survei Populi Center yang dirilis pada beberapa waktu kemarin.

Survei dari Populi Center ini dilakukan pada 9-16 Oktober 2022 dengan 600 responden di 60 kelurahan yang ada di DKI Jakarta. Dari survei ini, dari 24 tokoh yang disodorkan, masyarakat banyak memilih Ridwan Kamil.

"Saat masyarakat DKI Jakarta ditanyakan mengenai dukungan mereka terhadap 24 tokoh yang disebutkan, Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak mendapatkan dukungan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024, yaitu sebesar 69,7 persen," ujar Peneliti Populi Center, Dimas Ramadan melalui keterangan resmi, Sabtu (22/10/2022).

1. Emil juga mengalahkan AHY

Survei Pilgub DKI Jakarta 2024: Sandiaga Keok, Ridwan Kamil UnggulGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, beberapa nama lain yang disodorkan juga turut dipilih oleh masyarakat. Artinya, masyarakat belum sepenuhnya memilih Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Sandiaga Salahuddin Uno (67,7 persen), Anies Baswedan (66,2 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (55 persen). Adapun nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 50 persen," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil punya elektabilitas dan kesukaan tinggi

Survei Pilgub DKI Jakarta 2024: Sandiaga Keok, Ridwan Kamil UnggulGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nama Ridwan Kamil belakangan ini memang tidak bisa dipandang remeh dalam Pemilu 2024. Mantan Wali Kota Bandung ini juga memiliki elektabilitas dan tingkat kesukaan yang tinggi.

Dalam survei Cyrus Network, nama Emil sendiri tergolong stabil. Namanya masuk lima besar untuk Pilpres 2024 dan peringkat pertama untuk kembali maju di Pilgub Jabar 2024.

Pendiri lembaga survei Cyrus Network sekaligus Pengamat Politik, Hasan Hasbi mengatakan, popularitas Ridwan Kamil turut meningkat di pertengahan tahun ini. Pada bulan maret 2022 popularitas RK hanya 66.6 persen. Setelah itu pada Juli meningkat ke 84.7 persen.

"Elektabilitas sebelum bulan Juni itu baru satu digit, Maret baru 7,2 persen tapi akhir Juli itu 14,0 persen. Elektabilitas Ridwan Kamil mendekati Anies Baswedan. Anies terakhir 18 persen, RK mendekati," ujar Hasan saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

3. Elektabilitas Ridwan Kamil juga tinggi di Pilgub Jabar

Survei Pilgub DKI Jakarta 2024: Sandiaga Keok, Ridwan Kamil UnggulGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Disinggung soal nama Emil yang masih unggul dalam survei lembaganya untuk maju sebagai petahana di Pilgub Jabar, Hasan menjelaskan, Emil harus turut mencoba keberuntungan ke provinsi DKI Jakarta.

"Sebelum survei Juli, RK juga sudah sangat kuat, sudah di atas 50 persen elektabilitasnya. Jadi tetap terbuka peluang RK buat maju kembali di Jabar. Bahkan kalau kau fair, RK juga bisa mempertimbangkan untuk maju di Pilkada DKI 2024," kata dia.

Dalam survei terakhir Juli 2022 Cyrus Network, dari sepuluh nama kandidat calon Pilgub Jabar Ridwan Kamil ada di angka 64,3 persen. Setelah itu disusul oleh Dedi Mulyadi 16,3 persen, Deddy Mizwar 5,0 persen, Dede Yusuf 4,8 persen, UU Ruzhanul Ulum 2,4 persen.

Baca Juga: Pilpres 2024: PAN Siap Gelar Karpet Biru untuk Ridwan Kamil

Baca Juga: Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus Tanaman

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya