Comscore Tracker

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAW

Peringati Maulid Nabi dengan bershalawat

Seorang muslim dan pengikut Nabi Muhammad SAW, sudah seharusnya meneladani sikap Rasulullah. Tidak hanya tentang etika hidupnya, melainkan juga semangat berdakwah hingga ketaatannya kepada Allah SWT.

Sebenarnya, ada lima cara sederhana yang bisa meningkatkan rasa cinta umat muslim kepada Rasulullah. Tidak hanya saat Maulid Nabi melainkan, baik dilakukan secara rutin. Apa saja cara itu? yuk simak!

1. Melakukan sunah-sunah Rasul

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAWGoogle

Umat muslim sudah seharusnya melakukan sunah-sunah yang diajarkan Rasulullah sebagai bukti cinta kepadanya. Itu pula yang harus dilakukan jika umat muslim percaya bahwa Rasulullah merupakan nabi akhir zaman.

Adapun sunah-sunah Rasul yang bisa dilakukan secara rutin adalah salat sunah rawatib, sedekah, berzikir, berpuasa, salat malam, membaca Alquran dan lainya.

2. Perbanyak shalawat

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAWIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Selanjutnya ada perbanyak shalawat untuk Baginda Nabi Muhammad SAW secara rutin. Pasalnya, kelak di akhirat nanti, shalawat tersebut akan mendatangkan manfaat.

"Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta'ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan." (HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

3. Mencintai keluarga, sahabat, dan umat muslim

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAWinstagram.com/dianayulestari

Sebagai seorang pemimpin besar, Rasulullah sangat mencintai keluarga, sahabat, dan tentunya umatnya. Maka sebagai pengikut, setiap muslim pun harus meniru cara Rasullullah memperlakukan orang-orang yang dicintainya.

Selain keluarga dan saudara muslim, umat muslim pun dianjurkan untuk mencintai para Ahlul Bait. Mereka adalah keturunan suci Rasulullah SAW yang memiliki ikatan nasab, keturunan Fathimah sampai hari kiamat.

4. Mempelajari shirah nabawiyah

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAWUmat Muslim memakai masker pelindung dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dalam musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020) (ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Umat muslim harus mengetahui sejarah, latar belakang Rasulullah hingga perjuangannya di dalam mempertahankan Islam. Hal-hal seperti ini bisa dipelajari dengan membaca shirah nabawiyah.

Shirah Nabawiyah sendiri merupakan rekaman atau rincian seluruh kehidupan Nabi Muhammad SAW, dari masa kecil, tentang keluarga, perjuangan pada zaman jahiliah, hingga pengorbanan untuk umatnya. Dengan mempelajari ini, maka akan lebih mudah mengenal dan menerapkan semua hal baik yang pernah Rasulullah lakukan.

5. Berdoa

Lakukan Secara Rutin, Ini 5 Cara  Mencintai Rasulullah SAWgoogle

Berdoalah kepada-Nya, karena Rasulullah pun melakukan hal ini setiap saat. Setelah salat fardhu, umat muslim dianjurkan untuk berzikir terlebih dahulu lalu.

Adapun waktu yang mustajab di antaranya di sepertiga malam, waktu antara azan dan iqamah, saat sujud dalam salat, sedang turun hujan, hari Jumat, saat berbuka puasa, dan sebelum salam dalam salat.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya