Comscore Tracker

Polisi Ringkus Tiga Spesialis Bobol ATM Lintas Provinsi

Mereka tidak hanya beroperasi di Jawa Barat saja

Tasikmalaya, IDN Times - Polres Tasikmalaya Kota berhasil menangkap tiga dari empat spesialis pembobol rekening mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BCA di sekitar jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis (15/04/2021).

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan, membenarkan tiga dari keempat pelaku spesialis pembobol ATM lintas provinsi berhasil diringkus berkat adanya laporan sejumlah korban sekitar bulan Januari 2021. Modusnya, dia mengaku uang dalam rekeningnya berkurang padahal tidak ada transaksi sama sekali.

"Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, akhirnya kami berhasil mengetahui pelaku tersebut ada empat orang. Tiga di anaranya kini sudah kita amankan, sementara seorang lagi masih DPO," Ujar Doni ketika di jumpai sejumlah awak media pada hari Kamis (15/04/2021).

1. Sekali operasi empat pelaku ini berhasil kuras ratusan juta dari rekening korban

Polisi Ringkus Tiga Spesialis Bobol ATM Lintas ProvinsiIDN Times / Yudi Rohmansyah

Tiga pelaku yang berhasil diamankan ini berinisial NA (38 tahun), AA (28), dan V (25). Sedangkan untuk tersangka yang masih DPO itu berinisial NB (32) dan masih dalam kecarian.

Keempat pelaku ini masih dalam satu jaringan pembobol ATM antar lintas Provinsi seperti Jawa timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Satunya itu terjadi di Kota Tasikmalaya.

"Kalau kerugian yang dialami korban asal Kota Tasikmalaya ini, di sekitar ATM BCA jalan perintis Kota Tasikmalaya, itu sebanyak Rp467.815.250 rupiah. Itu uang di rekening korban yang mereka kuras habis," ujarnya.

2. Selain pasang tusuk gigi, mereka pun bersandiwara ketika beraksi

Polisi Ringkus Tiga Spesialis Bobol ATM Lintas ProvinsiIDN Times / Yudi Rohmansyah

Selain memasang tusuk gigi di mesin ATM, ternyata keempat pelaku berakting dengan peran yang berbeda-beda. Setelah kartu ATM miliki korban itu tidak bisa tertarik dan korban panik, pelaku kemudian pura-pura membantu. Dalam posisi itu, mereka menukar ATM asli dengan ATM palsu yang sudah di siapkan pelaku.

Di sisi lain, ada juga pelaku yang berperan sebagai pemerhati pin milik korban. Sedangkan pelaku lainnya itu bertugas sebagai situasi.

"Iya jika ditotal dari kejadian tersebut, yang mereka berhasil kuras, itu sebanyak 89 ATM. Kami juga mengamankan sebungkus tusuk gigi untuk mengganjal, kater untuk mengikis kartu ATM, dan mobil, juga barang bukti lainnya berhasil kita amankan," jelasnya.

3. Dari hasil itu mereka gunakan untuk kepentingan pribadi.

Polisi Ringkus Tiga Spesialis Bobol ATM Lintas ProvinsiIDN Times / Yudi Rohmansyah

Uang dari aksi pembobolan itu dimanfaatkan oleh pelaku untuk sekadar berbelanja. Tidak hanya belanja pakaian, mereka juga membeli kebutuhan pribadi lain dengan ATM korban. 

"Maka akibat perbuatan pelaku yang dengan tega menguras uang dalam rekening korban, kini mereka terancam kurungan selama 7 tahun penjara," tegasnya.

4. Sekali aksi tim ini kebagian jatah puluhan juta

Polisi Ringkus Tiga Spesialis Bobol ATM Lintas ProvinsiIDN Times / Yudi Rohmansyah

Salah satu dari ke tiga pelaku berinisial NA (38) mengaku mulai melakukan aksinya sejak Desember 2020 hingga saat ini ini. Dari setiap aksinya, masing-masing dari mereka memperoleh duit sebanyak Rp70 juta.

"Iya kan saya kerja bareng tim, jadi dari hasil ratusan juta itu saya kebagian upah Rp70 juta. Tapi kalau yang paling banyak itu NB, hampir setengah (dari total curian) ia dapat," ujarnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya