Comscore Tracker

Ketika PRT Jadi Pendukung Kesehatan Jiwa dalam Urusan Domestik Rumah

Sebagian orang cukup sulit mencari jasa PRT

Bandung, IDN Times - 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Nasional. Banyak hal yang terlihat sepele namun jika tidak dikelola dengan baik dapat menjadikan seseorang rentan mengalami stres yang berakibat menjadi depresi, misalnya menjalani rutinitas yang monoton, berada di lingkungan yang toxic, atau bekerja di bawah tekanan.

Salah satu cara yang dapat membantu mengelola emosi dan menjaga kesehatan jiwa adalah menemukan support system di sekitar untuk membantu menghadapi berbagai kesulitan seperti keluarga dan sahabat.

Yang tidak sadari adalah hadirnya PRT (Pekerja Rumah Tangga) di rumah juga bisa menjadi support system yang diharapkan bisa mengurangi beban pikiran terutama bagi yang memiliki segudang aktivitas.

Namun, terkadang karena tidak dikelola dengan baik, muncul masalah baru dari kehadiran PRT ini. Niat hati ingin tenang namun yang terjadi malah sebaliknya.

1. Kecocokan PRT jadi salah satu dukungan kesehatan jiwa

Ketika PRT Jadi Pendukung Kesehatan Jiwa dalam Urusan Domestik RumahIDN Times/Istimewa

CEO & Co-founder dari YourPartner, perusahaan jasa penyedia tenaga kerja dan PRT, Fahmy Ramadhan mengaku, sering mendapat cerita dari para calon mitra tentang perjalanan serta lika-liku mereka mencari PRT yang cocok. Sebagai support system yang diharapkan mampu membantu pekerjaan rumah tangga, seringkali malah menambah beban karena banyaknya masalah baru yang muncul.

“Kami banyak mendengar cerita dari calon mitra kami saat konsultasi. Tidak jarang mereka memberikan banyak sekali kriteria untuk calon pekerjanya berdasarkan pengalaman tidak mengenakan sebelumnya. Bagi kami ini masukan yang baik agar bisa lebih memahami keinginan dan ekspektasi calon mitra. Dari yang kami analisis, tidak maksimalnya support dari kehadiran PRT selama ini karena tidak dikelola dengan baik,” ujar Fahmy.

2. Perhatikan pihak ketiga yang menyediakan jasa layanan PRT

Ketika PRT Jadi Pendukung Kesehatan Jiwa dalam Urusan Domestik RumahIDN Times/Istimewa

PRT yang dikelola dengan baik, menurut Fahmy, salah satunya melalui kontrak kerja yang jelas sehingga baik pekerja maupun pengguna jasa bisa saling memahami peran masing-masing.

Lebih baik lagi jika ada pendampingan dari pihak ketiga yang bisa mengakomodir dan menjembatani antara kedua belah pihak untuk meminimalisir konflik dan membantu mencarikan solusi jika terjadi masalah. Namun, perlu juga berhati-hati dalam memilih pihak ketiga yang dimaksud. Carilah perusahaan yang memiliki legalitas dan sistem yang jelas.

3. Kehadiran PRT akan sangat membantu khususnya untuk urusan domestik

Ketika PRT Jadi Pendukung Kesehatan Jiwa dalam Urusan Domestik Rumahmoneysmart.id

Dengan pengelolaan yang baik, kehadiran PRT akan sangat membantu khususnya untuk urusan domestik. Sehingga, banyak waktu untuk melakukan aktivitas bersama keluarga, mengurusi hal penting lainnya, bahkan untuk sekedar memanjakan diri sendiri sehingga dapat menstabilkan kesehatan jiwa kita dan keluarga, serta memberikan rasa nyaman dan tenang di rumah.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mencoba layanan serta mencari tahu lebih banyak mengenai sistem penyediaan PRT yang diberlakukan di YourPartner bisa langsung datang ke kantor YourPartner di Jl. BKR. 83 Bandung atau melalui WhatsApp di nomor 08112111474. Informasi selengkapnya bisa dilihat di akun Instagram resmi @yourpartnerid atau website www.yourpartner.co.id.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya