Comscore Tracker

Wakaf Salman ITB Salurkan Dana Bantuan untuk Masjid Lautze 2 Rp1,2 M

Bantuan ini berupa pembelian ruko yang dibayar bertahap

Bandung, IDN Times - Wakaf Salman ITB kembali memperlihatkan komitmennya untuk membantu pembangunan dan perbaikan Masjid Lautze 2 yang kerap digunakan para mualaf. Masuk dalam salah satu program Wakaf 4in1, Masjid Lautze 2 akan mendapatkan bantuan dana wakaf sekitar Rp1,2 miliar.

Penyaluran dana wakaf kali ini adalah salah satu rangkaian penyerahan dana wakaf dari dua rangkaian penyerahan sebelumnya di bulan Mei 2019 dan Desember 2019. Untuk bantuan kali ini, Wakaf Salman ITB akan melakukan pembebasan ruko yang berada di antara ruang utama masjid dan ruang pemberdayaan.  

Direktur Wakaf Salman ITB, M Khirzan N Noe’man, ruko berukuran 7m x 6m ini dilepas dengan harga Rp 1,2 miliar. Dia bersyukur, akhir tahun kemarin Wakaf Salman ITB berkomitmen untuk bisa membantu Masjid Lautze 2 dalam pembelian ruko tersebut berupa komitmen selama 1 (satu) tahun pembayaran melalui dana wakaf.   

"Untuk tahap pertama akan ditunaikan untuk DP (down payment) sebesar Rp 200 juta, kepada pemilik ruko," ujar Khirzan, Sabtu (22/2).

1. Pembayaran akan dilakukan bertahap selama 2020

Wakaf Salman ITB Salurkan Dana Bantuan untuk Masjid Lautze 2 Rp1,2 MDok.IDN Times/Istimewa

Khirzan mengatakan, komitmen Wakaf Salman ITB sebelumnya berupa dana wakaf sebesar Rp 300 juta rupiah yang telah dipergunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan sejumlah fasilitas Masjid.

Untuk penyerahan dana wakaf kali ini khusus untuk pembelian ruko No 29 yang saat ini sudah dimanfaatkan pihak Lautze. "Pembayarannya sebesar Rp 1,2 miliar, akan dilakukan secara bertahap sepanjang 2020,"  katanya. 

Khirzan pun mengajak masyarakat untuk bisa berkontribusi salam upaya membantu para mualaf dalam mendapatkan sarana prasarana untuk ibadah dan belajar yang lebih berkembang di era modern ini dengan BERWAKAF melalui program #WAKAFMASJID. 

2. Perbaikan masjid terus dipercepat untuk mempernyaman mualaf

Wakaf Salman ITB Salurkan Dana Bantuan untuk Masjid Lautze 2 Rp1,2 MIDN Times/dok

Hernawan Mahfudz selaku Pembina Masjid Lautze 2 berterimakasih kepada Wakaf Salman ITB. Dia menuturkan, bantuan ini akan sangat membantu upaya dari pihak pembina masjid untuk menjadikan Masjid Lautze 2 sebagian tempat pembinaan mualaf nomor 1 di Bandung bahkan seluruh Indonesia.

Menurutnya, masjid yang berdiri sejak 1997 ini adalah salah satu bangunan historis di kota Bandung. "Sampai saat ini sebanyak 103 mualaf disyahadatkan dan 64 mualaf aktif mengikuti pembinaan di Masjid Lautze," ujarnya.

3. Pembinaan mualaf kerap dilakukan setiap Ahad

Wakaf Salman ITB Salurkan Dana Bantuan untuk Masjid Lautze 2 Rp1,2 MIDN Times/Galih Persiana

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Lautze 2 selama ini selain membantu warga non-muslim menjadi mualaf, juga melakukan pembinaan. Sebab tugas DKM Lautze tidak berhenti sampai seorang calon mualaf menjadi seorang muslim saja. Lebih daripada itu, mereka bertugas untuk mengantar seorang mualaf agar dapat beribadah layaknya muslim lainnya.

Biasanya, pembinaan rutin dilakukan satu minggu sekali pada hari Ahad (Minggu) selama empat kali pertemuan. Pembinaan yang dilakukan diharap bisa menjadi para mualaf semakin yakin dengan agama Islam sebagai kepercayaan mereka.

Baca Juga: [FOTO] Berkunjung ke Lautze 2, Masjid Sederhana Peranakan China

Baca Juga: Masjid Lautze Bandung, Saksi Bisu Perjalanan Religi Para Mualaf 

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya