Comscore Tracker

Ridwan Kamil Berencana Bertemu Iwa Malam Ini Bahas Penetapan Tersangka

Iwa ditetapkan bersama mantan bos Lippo Cikarang

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berencana bertemu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Iwa Karniwa, yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin(27/7). Dalam pertemuan ini Ridwan Kamil berencana bertanya tentang keterlibatan Iwa atas kasus proyek Meikarta.

"Rencananya malam ini," ujar Ridwan Kamil sesaat sebelum meninggalkan Hotel Courtyard Marriot Bandung, Senin (29/7) malam.

1. Belum mendengar kabar lengkap

Ridwan Kamil Berencana Bertemu Iwa Malam Ini Bahas Penetapan TersangkaIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil, sapaan akrabnya mengaku, sudah mendengar kabar tentang penetapan tersangka Iwa oleh KPK. Namun, belum banyak informasi yang bisa didapat karena informasi itu hanya didapat dari pemberitaan di media massa.

Dia pun akan bertanya kepada Iwa secara langsung mengenai situasi hukumnya. "Jadi kalau boleh mah wartawan mau menunggu, besok pagi saja (wawancara lebih lengkap). Pagi informasinya lebih lengkap sekarang mah saya belum mendapat informasi A1," ujarnya.

2. Saya takut salah bicara

Ridwan Kamil Berencana Bertemu Iwa Malam Ini Bahas Penetapan TersangkaInstagram/Iwa Karniwa

Ketika ditanya mengenai proses hukum yang berlangsung terhadap Iwa Karniwa, Emil pun enggan menanggapinya. Dia meminta awak media agar menahan diri meminta keterangan darinya.

"Sekarang saya betul-betul takut salah, besok ketemu lagi kalau bisa" kata Emil.

3. Iwa dijadikan tersangka bersama mantan bos Lippo Cikarang

Ridwan Kamil Berencana Bertemu Iwa Malam Ini Bahas Penetapan TersangkaIDMN Times/KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan status hukum tersangka terhadap Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar berinisial IWK. Penetapan tersangka juga berlaku kepada mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang BTO dalam kasus rasuah proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi Barat. Pengumuman itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang ketika memberikan keterangan pers.

"Pada dua perkara sebagaimana dijelaskan, maka sejak (10/7) KPK melakukan penyidikan dengan dua orang tersangka yaitu IWK, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat 2015-sekarang dan BTO, mantan Presiden DirekturPT Lippo Cikarang dalam perkara dugaan suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta," ujar Saut pada malam ini di gedung Merah Putih KPK. 

Nama Iwa sebelumnya sudah disebut di dalam dokumen tuntutan yang dibacakan oleh jaksa KPK pada (21/2) lalu. Di dalam dokumen analisa yuridis tuntutan, Iwa disebut oleh jaksa turut menerima suap dari petinggi Lippo sebesar Rp1 miliar. 

"Neneng Rahmi Nurlaili dan Hendry Lincoln menyerahkan uang Rp1 miliar dari Lippo kepada Iwa Karniwa," ucap jaksa KPK ketika itu. 

Baca Juga: Karier Iwa Karniwa, dari Sekda Jabar hingga Terjerat Kasus Meikarta

Baca Juga: PDIP: Kasus Sekda Iwa Tak Ada Kaitannya dengan Partai

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You