Petugas Berjibaku Bersihkan APK di Masa Tenang Pemilu 2024

Pemkot Bandung siagakan 1.700 personel

Bandung, IDN Times - Aparat kewilayahan di Kota Bandung mulai dari petugas di kelurahan, Satpol PP hingga tim Gober mulai membersihkan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang pada masa kampanye pemilihan umum (pemilu) 2024. Sejak pagi usai melaksanakan apel di kelurahan masing-masing para petugas langsung menyisir setiap jalan baik jalan besar hingga gang untuk membersihkan APK.

"Kita upayakan bersih hingga hari ini selesai semuanya," kata salah satu petugas kelurahan Babakan Penghulu, Iwan kepada IDN Times, Minggu (11/2/2024).

Dia menuturkan, dari pagi tim di kelurahan dibagi tiga tim untuk merapikan semua APK yang ada baik itu yang besar hingga yang kecil dan menempel di tembok.

1. Gunakan tangga hingga bambu

Petugas Berjibaku Bersihkan APK di Masa Tenang Pemilu 2024IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, untuk merapikan APK memang tidak mudah. Sebab promosi yang dilakukan para caleg atau calon presiden ada yang disimpan di pohon hingga di tiang listrik yang sulit dijangkau tangan.

Alhasil setiap tim harus membawa tangga atau bambu panjang untuk memutuskan tali maupun kawat yang dipakai memasang APK.

"Susahnya itu kenapa lama pembersihan karena tidak semua ada menempel ke jalan. Kita sampai bawa tangga atau pakai bambu putuskan talinya," kata Iwan.

2. Ada petugas yang bekerja sejak dini hari

Petugas Berjibaku Bersihkan APK di Masa Tenang Pemilu 2024

Penurunan banner dan semua APK kampanye juga dilakukan petugas sejak dini hari. Mereka sebelumnya sudah melakukan apel dari Sabtu (10/2/2024) malam, untuk kemudian sejak pukul 00.00 bisa bekerja sesuai aturan yang berlaku.

Satpol PP bersama Bawaslu dan perwakilan KPU dalam empat jam berhasil menertibkan 127 banner, 2.943 bendera parpol, 98 baligho, 144 pamflet, hingga 12 spanduk.

3. Ada 1.700 personel akan bersihkan APK

Petugas Berjibaku Bersihkan APK di Masa Tenang Pemilu 2024IDN Times/Debbie Sutrisno

Pemerintah Kota Bandung memastikan akan menurunkan 1.700 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk penertiban alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024, mulai tanggal hari Minggu dini hari pukul 00.00 WIB.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliyono mengatakan, penertiban tersebut merupakan kegiatan Bawaslu Kota Bandung untuk melaksanakan masa tenang Pemilu 2024, yang dalam implementasinya melibatkan Pemkot Bandung, serta TNI dan Polri.

Bambang berharap jumlah personel yang diturunkan dan sumber daya yang ada, bisa menyelesaikan kegiatan tersebut sesuai target dalam dua hari.

"Sumber daya manusia kita, mudah-mudahan cukup dan bisa selesai dalam tempo dua atau tiga hari, yakni 13 Februari 2024 sudah turun semuanya," ucapnya.

Diketahui, masa kampanye dijadwalkan untuk berakhir pada tanggal 10 Februari 2024 pukul 23.59, dan pada tanggal 11 Februari 2024 pukul 00.00 masuk masa tenang. Dalam masa tenang tersebut, tidak diperkenankan untuk adanya aktivitas kampanye untuk pemilihan umum, baik pemilihan presiden (pilpres) dan juga pemilihan Legislatif (pileg).

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sendiri, dijadwalkan akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Baca Juga: Jabar Harus Bersih dari APK Parpol di Masa Tenang Pemilu 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya