Pasar Murah Hingga Operasi Pasar, Taktik Pemkot Tekan Angka Inflasi

Ada dana Rp9 miliar yang disiapkan Pemkot Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memprediksi adanya kenaikan inflasi cukup tinggi usai pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Untuk itu pemerintah merasa perlu bertindak agar inflasi tidak terlalu tinggi karena bisa menggangu perekonomian daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, TPID tengah merumuskan upaya pengendalian inflasi, termasuk solusi tentang ketersediaan pasokan dan stabilitas bahan pokok kebutuhan masyarakat.

"Akan ada kegiatan operasi pasar dan pasar murah. Saya minta untuk diambil tindakan dan langkahnya dengan pihak kewilayahan. Kami minta operasi pasar dan pasar murah di 30 kecamatan," kata Ema usai menggelar rapat di Pemkot Bandung, Rabu (14/9/2022).

1. Sudah ada pergerakan harga pada sejumlah kebutuhan pokok

Pasar Murah Hingga Operasi Pasar, Taktik Pemkot Tekan Angka InflasiWarga mengantre saat membeli minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Ema mengatakan, data yang terkait dengan harga komoditas utama di masyarakat harus dilaporkan secara realtime, sebagai langkah awal untuk mengendalikan inflasi atas dampak kenaikan harga BBM bersubsidi di tengah masyarakat.

"Saat ini ada pergerakan kenaikan beberapa komoditi. Kita jaga kalau terjadi lompatan harga yang tidak terkendali. Laporan data diintensifkan, agar semua pasar dipantau. Ada 32 pasar tradisional dan pusat perbelanjaan terutama pergerakan komoditi cabe, beras, bawang, telur, daging sapi," katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Ema, Pemkot Bandung tengah menyiapkan dana sebesar Rp9,291 miliar untuk digunakan berbagai kegiatan penanggulangan dampak inflasi kenaikan BBM.

2. UMKM akan dapat jatah bantuan

Pasar Murah Hingga Operasi Pasar, Taktik Pemkot Tekan Angka InflasiPameran UMKM Gayeng 2022 yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain itu, ada pula stimulus bantuan modal bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga terdampak kenaikan harga BBM.

"Dinas KUKM ada program bagi pelaku informal dengan bantuan dari dana yang kami siapkan dengan jumlah yang proporsional," ungkapnya.

3. Program padat karya juga digencarkan

Pasar Murah Hingga Operasi Pasar, Taktik Pemkot Tekan Angka InflasiProgram padat karya corblok jalan. IDN Times/doc Disnakertrans Pemkab Bantul

Pemkot Bandung juga, kata Ema, sedang menyiapkan skema padat karya yang akan membuka peluang kerja bagi masyarakat.

"DSDABM dan Disnaker akan ada di 30 lokasi di seluruh kecamatan. Segera direalisasikan, sehingga ini akan masif," ujarnya.

Selain itu, Pemkot Bandung juga membuat program perbaikan untuk Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Ia mengatakan akan ada 72 hunian yang akan diperbaiki.

"Saya minta ini segera ada akselerasi dan segera laporkan. Pada dasarnya dananya sudah siap. Segera semua membuat jadwal," tutur Ema.

Baca Juga: Usai Naikkan Harga BBM, Pemerintah Bakal Rapat Pengendalian Inflasi

Baca Juga: BBM Naik, Ridwan Kamil Masih Kaji Inflasi Daerah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya