Comscore Tracker

Longsor di Jalan Maribaya Timur, Warga Diimbau Tak MelintaS

Jalan ini penghubung antardesa

Bandung, IDN Times - Tanah longsor terjadi di sekitar Jalan Maribaya Timur, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (27/11/2022). Sekitar pukul 09.40 WIB material tanah di sisi tebing longsor dan berjatuhan ke jalan akses penghubung antardesa.

Saat kejadian kondisi lalulintas di tempat kejadian perkara (TKP) sedang sepi sehingga bencana itu tidak menimbulkan korban. Evakuasi dan pembersihan material longsoran tanah belum dilaksanakan karena tebing diperkirakan masih rawan longsor sehingga pihak kepolisian dibantu relawan serta masyarakat sekitar bertahan di lokasi.

Saat ini kepolisian memberlakukan penutupan jalur karena dikhawatirkan longsor tebing semakin melebar. Sementara arus kendaraan dialihkan ke jalur alternatif.

"Ini jalur antar desa, di atas sana ada dua desa dan tempat wisata. Jadi sementara ini jalur benar-benar terhambat sekali," kata Kepala Desa Cibodas, Dindin Sukaya, Minggu (27/11/2022). 

1. Ada jalan alternatif tapi tidak besar

Longsor di Jalan Maribaya Timur, Warga Diimbau Tak MelintaSDokumentasi PRFM News

Menurutnya, warga Desa Cibodas dan Desa Suntenjaya bisa disebut terisolir karena Jalan Maribaya Timur akses utama. Meski ada jalur alternatif tetapi lebar jalan tidak begitu besar.

"Jalur alternatif yang menyambungkan antar desa sangat kecil tetapi masih bisa dilalui masyarakat. Saat ini kami bersama aparat Polsek Lembang, TNI juga BPBD sudah berkoordinasi menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan," kata Didin

2. Sementara jalur ditutup total

Longsor di Jalan Maribaya Timur, Warga Diimbau Tak MelintaSIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk mencegah dari hal yang tak diinginkan, dia mengimbau warga tidak memaksa melintasi lokasi longsor. Untuk menjamin keselamatan, sementara ini jalur ditutup total.

"Warga harap bersabar menunggu evakuasi selesai, mudah-mudahan tidak terjadi longsor susulan," ucapnya.

Sementara itu, warga didampingi sejumlah relawan mengecek ke atas tebing agar evakuasi tidak menemui hambatan karena masih ditemukan retakan sekitar 20 senitemer ditambah kondisi tanah lembek.

3. Longsor sempat terjadi di Cianjur akibat gempa bumi

Longsor di Jalan Maribaya Timur, Warga Diimbau Tak MelintaSPencarian korban terdampak longsor di Cianjur. (dok. Basarnas)

Sebelumnya, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur buka hanya menimbulkan kerusakan pada bangunan. Bencana ini juga membuat longsor yang memutus jalur Cianjur menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Dikutip dari laman Instagram @pupr_jalan_dkijabar, gempa bumi dengan Magnitudo 5,6 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Cianjur mengakibatkan longsor tebing di ruas Jalan Puncak - Bts. Kota Cianjur STA 24.700. Ini mengakibatkan ruas jalan terputus 2 lajur baik arah Cianjur maupun Puncak untuk semua jenis kendaraan.

"PPK 5.3 PJN Wilayah V Jawa Barat saat ini sedang melaksanakan penanganan dengan menurunkan tim Padat Karya dan Alat Berat. Excavator. untuk membersihkan material longsor berupa tanah, batu dan pohon," kutip dari akun tersebut, Senin (21/11/2022).

Saat ini kondisi ruas masih tertutup material longsor, dimohon kepada para pengguna lalu lintas untuk mencari jalur alternatif lain untuk melintasi ruas jalan tersebut.

Baca Juga: Jenazah Ibu Anak Korban Longsor Gempa Cianjur di Desa Cijendil Ditemukan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya