Hari Ini Terakhir Penukaran Uang Baru di Kantor BI Jabar

Yuk yang mau tukar uang masih bisa nih

Bandung, IDN Times - Bank Indonesia Jawa Barat masih membuka penukaran uang baru dengan pecahan mulai Rp5.000 hingga Rp20.000. Penukaran uang di halaman kantor tersebut akan berakhir hari ini.

Kepala BI Jabar Herawanto mengatakan, penukaran uang seharusnya selesai pada Selasa (26/4/2022). Namun karena antusias masyarakat untuk menukarkan uangnya tinggi maka penukaran diperpanjang selama dua hari.

"Sebagai respons terhadap animo masyarakat yang sangat tinggi, layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) sinergi BI Jawa Barat bersama 14 Bank diperpanjang. Untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat, maka layanan ini diperpanjang hingga 28 April 2022," kata Herawanto melalui siaran pers dikutip, Kamis (28/4/2022).

1. Siapkan mobil tambahan

Hari Ini Terakhir Penukaran Uang Baru di Kantor BI JabarWarga menerima uang baru yang ditukarkan pada mobil kas keliling (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Layanan bertajuk “Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah” yang dibuka secara resmi pada Senin (11/4) lalu, semula diselenggarakan mulai tanggal 11 hingga 26 April 2022. Namun, seiring dengan keinginan masyarakat mendapat uang baru yang sangat tinggi maka waktu penukaran ditambah.

"Selain memperpanjang periode layanan, jumlah mobil layanan penukaran yang beroperasi di setiap harinya juga ditambah dari semula empat mobil layanan, menjadi enam mobil dari perbankan, dan satu mobil layanan kas keliling yang dilakukan oleh BI Jawa Barat," kata dia

Sinergi BI Jawa Barat bersama perbankan ini kembali sebagai bentuk komitmen memastikan distribusi uang tunai berjalan lancar selama periode HBKN Ramadan dan Idulfitri 2022.

2. Pendaftaran penukaran uang bisa dilakukan secara online

Hari Ini Terakhir Penukaran Uang Baru di Kantor BI JabarWarga menerima uang baru yang ditukarkan pada mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Masyarakat yang akan melakukan penukaran dapat menggunakan dua cara, yaitu melalui aplikasi PINTAR (pintar.bi.go.id), atau hadir langsung ke lokasi penukaran di BI Jawa Barat, Jl Braga No.108, Bandung. Setiap harinya layanan dibuka mulai pukul 08.00 sd 11.30 WIB.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada mobil layanan, tata cara penukaran uang kegiatan tersebut adalah menyiapkan kartu identitas (KTP atau KartuPelajar/Mahasiswa), mengisi formulir penukaran, uang yang akan ditukarkan disusun sesuai pecahan dan menghadap searah, budayakan antri.

Untuk semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat, khusus untuk layanan penukaran melalui aplikasi PINTAR, juga tersedia lokasi penukaran di Bandara Husein Sastranegara pada tanggal 28 April 2022.

3. Waspada peredaran uang palsu dari penukaran tidak resmi

Hari Ini Terakhir Penukaran Uang Baru di Kantor BI JabarUsaha jasa penukaran uang (Dok. Istimewa)

Guna menghindari terjadinya risiko yang tidak diinginkan, Bank Indonesia kembali mengimbau masyarakat untuk menukarkan uang di tempat penukaran resmi yaitu layanan Bank Indonesia, Bank Umum dan BPR. Kemudian bisa menghindari bertansaksi dengan “Penjual Uang”, membiasakan bertransaksi menggunakan instrumen non-tunai antara lain dengan QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking, yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.

Waspada terhadap peredaran uang palsu, dengan selalu menerapkan 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang), dan memperlakukan uang Rupiah dengan baik, yaitu dengan 5J (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi)

"Bank Indonesia juga mengimbau agar masyarakat menggunakan uang Rupiah yang dimiliki untuk berbelanja secara bijak dan tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing," tutur Herawanto.

Baca Juga: Melongok Layanan Penukaran Uang Baru di BI Lampung, Bisa Drive Thru!

Baca Juga: Jadwal Penukaran Uang Rupiah BI Lampung, Cek Syaratnya Ya!

Baca Juga: Risiko Jasa Penukaran Uang di Surabaya, Kejar-kejaran dengan Satpol PP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya