88 Ruang Dagang di Pasar Ujung Berung Ludes Terbakar

Kios petasan diduga jadi pemicunya

Bandung, IDN Times - Kepala PD Pasar Ujungberung, Hariana mengatakan, setidaknya terdapat 88 ruang dagang yang terdampak kebakaran semalam, Minggu (9/6), di antaranya 10 toko, 16 kios, 54 meja, dan delapan kios yang dibongkar guna memutus jalur api.

"Untuk kerugian belum dihitung baru menghitung yang terkena dampak saja," ujar Hariana, Senin (10/6).

Saat ini pihak pemadam kebakaran masih melakukan pengecekan di sekitar pasar untuk memastikan tidak ada percikan api yang bisa menyulut kebakaran kembali terjadi. Garis polisi pun telah dipasang agar para pedagang tidak masuk keluar seenaknya mengambil baran dagangan karena kondisi belum memungkinkan.

Minggu (9/6) malam, sekitar pukul 21.30 WIB, 14 unit mobil pancar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhamburan menuju Pasar Ujungberung. Mereka baru saja menerima kabar bahwa pasar yang terletak di Bandung Timur itu mengalami kebakaran.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana, ikut ambil bagian bersama 140-an petugas pemadam kebakaran lainnya. Tiba di lokasi, belasan mobil pancar itu ambil formasi. Sementara petugas segera menyelinap masuk ke dalam pasar, mencari inti api yang mesti segera dipadamkan.

“Kurang lebih enam jam kami bisa padamkan (kebakaran) Pasar Ujungberung. Sekarang sudah bisa dikendalikan dan dilakukan pendinginan,” kata Dadang, Senin (10/6) dini hari.

Sementara ini Diskar PB Kota Bandung menduga bahwa kebakaran disebabkan karena korsleting arus pendek listrik di Pasar Ujungberung. Korsleting itu, kata dia, kemudian memercikan api ke arah tumpukan petasan yang tengah disimpan pedagangnya.

“Jadi petasan mercon itu dititipkan di kios buah. Nah, dari sama akhirnya merembet ke kios lain. Seperti itu,” ujar dia.

Baca Juga: Kios Petasan Diduga Penyebab Kebakaran Pasar Ujungberung 

Baca Juga: [FOTO] Melihat Kebakaran Pasar Ujungberung yang Mencekam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya