3.782 Penumpang Sudah Terbang dari BIJB Kertajati

Penumpang minta akses transportasi dari Bandung lebih cepat

Bandung, IDN Times - Penerbangan dengan rute luar Pulau Jawa dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) resmi dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Kesibukan aktivitas di BIJB pun terpantau sejak Senin (1/7) pagi. Penumpang mulai berdatangan sejak pukul 05.00 WIB untuk melakukan check in di counter maskapai penerbangan.

Direktur PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih mengatakan, sejauh ini sudah ada 3.782 penumpang terdiri dari 36 pergerakan pesawat yang terjadi pada Senin(1/7). Rute keberangkatan yang dilayani dari BIJB Kertajati yakni, Denpasar, Medan, Palembang, Lombok, Banjarmasin, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Batam, Surabaya, dan Makassar.

Sedangkan untuk kedatangan berasal dari Kota Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Banjarmasin, Medan, Palembang, Batam, Makassar, Balikpapan, Lombok dan Pontianak.

"Artinya ada 18 take off dan 18 landing di Bandara Kertajati hari ini dengan jumlah penumpang yang mendekati 3.800 orang," ujar Singgih dari siaran pers.

1. Tingkat okupansi penerbangan tinggi

3.782 Penumpang Sudah Terbang dari BIJB KertajatiDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Singgih, meski pemindahan rute penerbangan ini sempat berpolemik, tapi fakta di lapangan cukup menggembirakan. Sebab tingkat okupansi pesawat per penerbangan terbilang tinggi.

Untuk rute yang berangt ke Medan, Balikapapan, Denpasar, dan Batam load factor (LF) tersebut di atas 90 persen. Bahkan rute Batam yang dilayani maskapai Lion Air mencapai 100 persen. "Jika dirata-ratakan untuk hari ini LF dari pada penerbangan ada di angka 70 persen," kata Singgih.

Dari segi layanan kebandarudaraan, sudah tidak ada permasalahan berarti. Kebutuhan masyarakat di area terminal yang menggunakan jasa BIJB diperbantukan juga oleh karyawan PT BIJB untuk memperkenalkan seluruh fasilitas yang dimiliki. Sebab banyak masyarakat yang masih adaptasi dengan Badara Kertajati.

Sementara untuk layanan antar moda masyarakat memang masih ada yang bingung. Padahal sudah ada stasiun khusus di mana dalam satu stasiun itu ada 12 moda yang melayani.

"Dari situ karyawan kita kerahkan untuk membantu penumpang yang datang ataupun pergi untuk mengarahkan," katanya.

Untuk fasilitas umum di bandara berupa kawasan komersil, toilet, musala, ATM, money changer, dan bagasi pun tetap harus ada pengawalan khusus. Sebab tidak sedikit penumpang yang baru kali pertama menggunakan Bandara Kertajati sebagai tujuan terbang dan mendarat.

"Letaknya di mana mereka ini belum kenal. Kalau sering nantinya akan terbiasa dan tentu harapannya bisa terus memilih Kertajati untuk terbang," katanya.

2. Lion Air jadi maskapai paling sibuk

3.782 Penumpang Sudah Terbang dari BIJB KertajatiDok.IDN Times/Istimewa

Terhitung 1 Juli maskapai yang sebelumnya melayani penerbangan rute luar Pulau Jawa beralih serentak secara reguler menuju BIJB Kertajati. Bahkan, 30 Juni Air Asia melakukan penerbangan perdana dengan tujuan Denpasar.

Garuda Indonesia yang notabene sebagai maskapai pelat merah melayani penerbangan rute Denpasar dengan frekuensi setiap hari. Selanjutnya Citilink akan melayani penerbangan setiap hari ke Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Surabaya.

Sedangkan Lion Air menjadi maskapai yang paling sibuk. Ada 10 rute yang dilayani setiap hari dari dan ke Kertajati yakni Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar (3 Penerbangan), Medan(2 Penerbangan), Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, dan Makassar.

Selanjutnya ada Air Asia yang melayani rute Denpasar (setiap hari), dan Surabaya dengan frekuensi tiga kali seminggu (Selasa, Kamis, Sabtu). Sedangan Xpress Air membuka penerbangannya dengan tujuan Padang dan Palembang satu minggu sekali (setiap Selasa) mulai 1 Agustus.

3. Layanan modal transportasi tersedia di sembilan daerah

3.782 Penumpang Sudah Terbang dari BIJB KertajatiIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini layanan moda transportasi untuk menjangkau bandara yang ada di Kabupaten Majalengka ini pun sudah dipersiapkan. Sembilan daerah terlayani transportasi massal dari bus dan travel serta taksi online yang jadwal keberangkatan dan kepulangan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan. Sembilan daerah tersebut yakni Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Purwakarta, Indramayu, Cikarang , Cirebon, Kuningan dan Majalengka.

Bahkan PT BIJB merangkul Perum Damri menggratiskan dari dan menuju Bandara Kertajati untuk warga Bandung selama satu bulan sebagai bentuk kompensasi perpindahan rute. Diskon juga diberikan travel rata rata 30 persen pada penumpang yang akan terbang dari BIJB Kertajati

4. Berharap akses transportasi dari Bandung lebih cepat

3.782 Penumpang Sudah Terbang dari BIJB KertajatiIDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu penumpang Garuda Indonesia, Syahna Maudi mengatakan, waktu tempuh dari Bandung menuju BIJB Kertajati terbilang lama. Untuk bisa terbang dengan pesawat pukul 06.00 pagi dia harus bangun pada dini hari untuk menuju ke pool bus Damri.

"Kalau dulu ke Husein paling 30 menit juga sampai kan dari rumah. Sekarang harus jalan lebih pagi lagi," ujarnya.

Dia berharap pemerintah menepati janji untuk segera merampungkan pembangunan jalan Tol Cisumdawu sehingga akses dari Bandung dan sekitarnya ke BIJB Kertajati makin cepat.

Baca Juga: Sepinya Bandara Husein Setelah 13 Rute Penerbangan Dipindah ke BIJB

Baca Juga: Menjajal Bus Damri Gratis dari Bandung ke BIJB Kertajati di Majalengka

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya