PKS Kantongi 5 Nama Bakal Calon Bupati KBB 2024

Nama yang dikantongi merupakan hasil penjaringan

Bandung Barat, IDN Times - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pillada) 2024. Ada lima nama yang sudah dikantongi, yang akan disiapkan sebagai bakal calon Bupati Bandung Barat.

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) DPD PKS KBB, Rismanto mengatakan, lima nama bakal calon bupati di Pilkada KBB 2024 tersebut merupakan hasil penjaringan. Kelima nama tersebut merupakan kader asli PKS yang berdomisili di KBB.

"Ada lima (calon) tinggal mengerucut nanti dalam beberapa waktu ke depan. Setahu saya iya, asal KBB semua," kata Rismanto saat dihubungi, Sabtu (9/12/2023).

1. Kelima nama itu masih dirahasiakan

PKS Kantongi 5 Nama Bakal Calon Bupati KBB 2024Ketua MPD DPD PKS KBB Rismanto. (Dok/Istimewa)

PKS sendiri merupakan pemenang Pemilu 2019 di KBB, yang memperoleh kursi terbanyak di KBB yakni delapan kursi untuk anggota DPRD KBB. Dengan hasil tersebut, saat ini PKS sedang melakukan proses internal untuk mengusung kadernya sendiri sebagai calon bupati (Cabup) pada Pilbup 2024 mendatang.

"Secara internal pada saat ini PKS sedang berproses menentukan calon kepala daerah untuk KBB," ucap Rismanto.

Kendati begitu, dia menuturkan, untuk nama Cabup yang akan diusung PKS di Pilbup KBB mendatang belum bisa diumumkan saat ini. Kelima nama yang sudah dikantongi tersebut masih dirahasiakan, dan akan diumumkan pada saatnya nanti.

"Tetapi belum bisa kami buka karena masih ada beberapa nama. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada pendeklarasian atau pengumuman resmi dari PKS KBB tentang sosok yang akan kami ajukan di Pilkada KBB," kata Rismanto.

2. PKS KBB harapkan sosok yang diharapkan masyarakat

PKS Kantongi 5 Nama Bakal Calon Bupati KBB 2024Ilustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Rismanto mengharapkan, sosok calon Bupati Bandung Barat yang akan diusung PKS di Pilkada KBB dipastikan merupakan sosok yang tepat jika terpilih nanti. Untuk itu, PKS akan mematangkannya sebelum nanti diputuskan sosok yang akan diusung.

"Mohon doanya saja, mudah-mudahan sosok itu sesuai harapan publik karena biasanya di PKS sangat ketat penyaringannya, sehingga tidak hanya PKS menang tetapi menang secara sosok kepemimpinan yang tahu serta paham betul solusi untuk KBB," tuturnya.

3. DPD PKS sudah melakukan komunikasi politik dengan parpol lain

PKS Kantongi 5 Nama Bakal Calon Bupati KBB 2024Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Rismanto melanjutkan, PKS KBB terus menjalin komunikasi dengan partai politik lain terkait Pilkada 2034. Khususnya, dalam konteks pemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bandung Barat.

Rismanto mengakui, komunikasi PKS KBB dengan partai politik lain terus terjalin dengan baik untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

"Komunikasi dengan Parpol lain jalan, apalagi dalam konteks Pilpres dalam konteks Pilkada juga sudah mulai. Kami ngopi-ngopi bareng, silaturahim, saling lirik-lirik kan gitu lah, ya," ujarnya.

Baca Juga: Bertarung di Pilkada Cimahi dan KBB, Ini Dua Tokoh yang Dipilih Golkar

Baca Juga: 1.324 Caleg di Cimahi dan KBB Resmi Bersaing di Pemilu 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya