Kronologi Kontainter Terguling Hingga Tutup Ruas Jalan Tol Cipularang

Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut

Bandung Barat, IDN Times - Kecelakaan tunggal terjadi di Ruas Tol Cipularang KM 111+800, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 14.15 WIB. Sebuah truk kontainer terguling hingga menutup seluruh badan jalan arah Jakarta.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danahiswara mengungkapkan, kronologi kecelakaan itu bermula ketika truk Nissan Kontainer dengan nomor polisi D 9707 AF yang dikemudikan Renaldi (25 tahun) itu melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Truk itu mengangkut benang seberat 12 ton.

"Setibanya di lokasi kejadian, pengemudi hilang kendali. Truk kemudian menabrak median jalan," kata Adhi saat dikonfirmasi, Rabu (26/6/2024).

1. Truk hantam median jalan

Kronologi Kontainter Terguling Hingga Tutup Ruas Jalan Tol Cipularang(Dok/Istimewa)

Akibat menghantam median jalan bagian tengah lalu menghantam median jalan sebelah kiri, menyebabkan bagian kontainer truk yang di dalamnya berisi kain seberat 12 ton itu terlepas.

"Kemudian bagian kontainernya terlepas, truk terguling ke sebelah kiri. Kontainernya melintang menutup jalan," ucap Adhi.

Saat ini petugas Jasa Marga dan kepolisian masih berusaha mengevakuasi badan truk dan kontainer supaya bisa dilintasi kendaraan.

"Proses evakuasi masih berjalan terus, satu lajur sudah bisa dilalui tapi untuk kendaraan yang memang sudah terlanjur lewat dari Gerbang Tol Cikamuning," kata Adhi.

2. Lalu lintas sempat tertahan dan dialihkan

Kronologi Kontainter Terguling Hingga Tutup Ruas Jalan Tol Cipularang(Dok/Istimewa)

Sementara kendaraan lainnya yang belum melewati Gerbang Tol Cikamuning, diarahkan keluar dari gerbang tol tersebut melintas jalur arteri Jalan Raya Padalarang-Purwakarta menuju arah Jakarta.

"Betul semua keluar di exit Tol Cikamuning, pengalihan masih berlangsung. Tapi untuk yang satu jalur di TKP hanya untuk kendaraan yang sudah terlanjur bablas tidak lewat Tol Cikamuning. Kalau lajur sudah aman semua, baru diarahkan lagi lewat Tol Cipularang," ujar Adhi.

3. Jasa Marga imbau pengendara jaga jarak aman

Kronologi Kontainter Terguling Hingga Tutup Ruas Jalan Tol Cipularang(Dok/Istimewa)

Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Pasteur, Bandung Agni Mayvinna mengatakan, untuk menghindari kepadatan, atas diskresi kepolisian, sementara waktu kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar melalui Gerbang Tol Cikamuning di KM 116 Ruas Tol Cipularang.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk tertib di lajurnya masing-masing. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan tidak berpindah lajur selama melintasi contraflow," katanya.

Baca Juga: Cerita Korban Keracunan Massal di KBB Usai Acara Kenaikan Kelas

Baca Juga: Pilgub dan Pilbup di KBB, Jumlah TPS Menyusut Hingga 40 Persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya