Comscore Tracker

Mati Mendadak, Ratusan Ayam Warga Bandung Barat Kena Flu Burung

Sekitar seratus lebih unggas yang terpapar flu burung

Bandung Barat, IDN Times - Ratusan unggas di Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan terpapar flu burung. Unggas milik warga itu mati mendadak dengan jumlah sampai ratusan.

Fenomena kematian mendadak ratusan unggas tersebut mengundang kecurigaan warga. Beruntung, petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB langsung memeriksa fenomena kematian ratusan unggas itu.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan, Wiwin Aprianti mengatakan, fenomena kematian mendadak ratusan unggas itu terjadi sejak Jumat (30/11/2020). Setelah dilakukan pemeriksaan ke lapangan, unggas yang mengalami kematian kebanyakan merupakan jenis ayam kampung peliharaan warga.

"Laporan terkait kasus kematian ayam itu baru kita terima hari Selasa kemarin. Kita cek dan periksa ke lokasi ternyata kematiannya dari hari Jumat lalu. Jumlahnya seratus lebih," ujar Wiwin, Kamis (3/12/2020).

1. Kasus kedua setelah kasus flu burung di bulan Februari

Mati Mendadak, Ratusan Ayam Warga Bandung Barat Kena Flu BurungIDN Times/Kementan

Ratusan unggas ayam yang mati itu kemudian diperiksa dengan cara rapid test. Dari hasil pemeriksaan, ayam-ayam di Cihampelas itu diketahui mati mendadak karena terkonfirmasi virus flu burung H5N1.

"Hasil rapid test pada hewan ini 99 persen akurat. Kasus ini merupakan kasus kedua. Kasus flu burung sebelumnya pernah terjadi di Kecamatan Cipendeuy pada bulan Februari lalu," ujarnya.

2. Ayam mati sudah dibakar, dikubur, dan didisinfeksi

Mati Mendadak, Ratusan Ayam Warga Bandung Barat Kena Flu BurungPenyemprotan Disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada Rabu (3/6) (Dok. Humas Damkar DKI Jakarta)

Untuk mengantisipasi penularan lebih luas, ayam-ayam milik warga yang mati ini dibakar lalu dikubur. Sementara ayam-ayam di sekitar lokasi yang masih hidup itu dilakukan isolasi.

"Ayam-ayamnya sudah kita bakar, dikuburkan dan sudah kita disinfeksi. Jadi kita pastikan steril. Sampai sekarang, populasi unggas di sana masih kita pantau," kata Wiwin.

3. Berawal dari satu ayam dari luar daerah yang disatukandangkan

Mati Mendadak, Ratusan Ayam Warga Bandung Barat Kena Flu BurungANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Wiwin menjelaskan, setelah dilakukan penelusuran, ayam di wilayah itu terpapar dari hadirnya ayam baru yang dibeli seorang warga dari luar daerah. Ayam baru itu diduga membawa virus lalu kemudian menularkan ke ayam lain di sekitar itu.

"Unggas yang mati ini jenisnya ayam kampung. Jadi ada warga yang membeli ayam dari luar kemudian disatukandangkan dengan ayam lainnya di sana," jelasnya.

4. Pahami ciri-ciri unggas terpapar flu burung

Mati Mendadak, Ratusan Ayam Warga Bandung Barat Kena Flu BurungAyam petelur dalam peternakan sistem kerangkeng baterai di Indonesia. Dok. Animal Friends Jogja

Wiwin menerangkan, flu burung sendiri biasa terjadi saat pergantian musim. Musim hujan seperti saat ini sangat rentan terjadi, di mana daya tahan tubuh ternak menurun. Maka, tidak sedikit unggas yang terserang.

"Flu burung memiliki ciri-ciri mati mendadak, disertai atau tanpa gejala, jengger kebiruan, kerokan pada kaki, dada kebiruan dan sebagainya. Warga diminta segera melapor jika menemukan kasus kematian unggas dengan ciri-ciri seperti itu," kata dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya