Comscore Tracker

Warga Jakarta Dilarang Datang ke Bandung saat Libur Idul Fitri 2021

Larangan dilakukan guna meminimalisir kenaikan kasus corona

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung melarang warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk datang ke Kota Bandung saat libur Idul Fitri 2021. Larangan diberikan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, Pemkot Bandung akan memperketat aturan mudik Idul Fitri 2021. Jangan sampai, momen liburan itu justru berdampak pada kenaikan kasus corona.

"(Dari Jakarta ke Kota Bandung) gak boleh, dari Kota Bandung ke luar kota juga tidak boleh," ujar Oded di Mapolrestabes Bandung, Rabu (21/4/2021).

1. Pemerintah pusat minta mudik diperketat

Warga Jakarta Dilarang Datang ke Bandung saat Libur Idul Fitri 2021IDN Times/Humas Bandung

Pemkot Bandung sudah membahas perihal skema penyekataan bersama pemerintah pusat. Hal ini nantinya baru akan dibahas Forkopimda Kota Bandung serta bebeberapa instansi terkait lainnya untuk memberikan keputusan turunan.

"Tentang mudik, super ketat kelihatannya yah, arahannya. Tadi bahas juga soal ketahanan pangan, tadi alhamdulilah semua kementerian sudah menyampaikan masing-masing," tuturnya.

2. Penyekataan jalan masih belum dibahas

Warga Jakarta Dilarang Datang ke Bandung saat Libur Idul Fitri 2021Ilustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Namun, Oded mengaku, belum membahas bagaimana aturan teknis dalam pengawasan masyarakat luar kota yang masuk ke Bandung. Rencananya, pembahasan akan dilakukan dalam waktu dekat termasuk upaya penyekataan kendaraan pemudik.

"Penyekatan belum kita bahas, mudik yang paling ketat tadi dibahasnya," ucapnya.

3. Kapolrestabes Bandung segera mempersiapkan skema penyekatan

Warga Jakarta Dilarang Datang ke Bandung saat Libur Idul Fitri 2021ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menyampaikan, dalam waktu dekat Polrestabes Bandung akan melakukan semua persiapan termasuk jumlah peorsonel yang akan diterjunkan pada saat libur Lebaran, nanti.

"Tidak ada mudik mulai dari Polda, Metro akan diperketat begitu pun di Bandung akan dirapatkan titik-titik mana yang akan ditempatkan baik pintu masuk maupun keluar," ujar Ulung.

4. Pos pemeriksaan kemungkinan ada di wilayah perbatasan

Warga Jakarta Dilarang Datang ke Bandung saat Libur Idul Fitri 2021ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Oded menambahkan, penyekatan diperkirakan akan dilakukan di wilayah perbatasan. Polrestabes  juga akan membahas terkait sarana dan prasarana yang akan digunakan anggota untuk melakukan penjagaan.

"Seperti kaya di Cibiru, bukan jalan tol akan disiapkan termasuk jalan arteri juga. Kami lihat rapat Forkopimda," kata dia.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Polisi Jaga Gerbang Tol Cileunyi 24 Jam

Baca Juga: Pemkot Bandung Larang Mudik Idul Fitri, Tapi Piknik Lokal Diizinkan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya