Salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar, Ridwan Kamil Pamit

Ridwan Kamil salat Idul Adha terakhir sebagai Gubernur Jabar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil melangsungkan salat Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar, Kamis (29/6/2023). Emil melangsungkan salat berjamaah bersama istri dan kedua anaknya.

Lewat momentum ini, orang nomor satu di Jabar itu turut berpamitan pada puluhan ribuan jemaah yang datang. Sebab, masa jabatan sebagai Gubernur akan berakhir pada 5 September 203, sehingga saat ini merupakan salat Idul Adha terakhir sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023.

"Ini adalah momentum saya terakhir sebagai Gubernur Jawa Barat berdiri di podium ini sesuai hak administrasinya, karena saya Ridwan Kamil bersama Ibu Atalia kami mengakhiri khidmat melayani masyarakat Jawa Barat dalam waktu kurang dari 2 bulan lagi," ujar Emil saat beri sambutan.

1. Tahun depan pemberi sambutan Idul Adha sudah Pj Gubernur

Salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar, Ridwan Kamil PamitPuluhan Ribu Warga Salat Idul Adha Perdana Masjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Gubernur Jabar sendiri nantinya akan diisi oleh pejabat yang dipilih oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, Emil berharap agar ia tetap diterima sebagai warga Jabar ketika hendak melangsungkan salat di Masjid Al Jabbar.

"Jadi tahun depan Idul Fitri dan Idul Adha akan ada pejabat gubernur, belum tahu siapa, tapi siapapun itu mudah-mudahan saya dan Ibu Atalia selalu bisa diterima sebagai sesama hamba Allah," ucapnya.

2. Masyarakat diminta saling bertegur sapa jika melihat dirinya di jalan

Salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar, Ridwan Kamil PamitPuluhan Ribu Warga Salat Idul Adha Perdana Masjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setelah habis masa jabatan sebagai Gubernur Jabar, Emil juga meminta agar masyarakat tidak sungkan untuk bertegur sapa jika nanti bertemu dengannya di tempat umum. Sebab, nantinya dia akan menjadi warga sipul tanpa jabatan sebagai gubernur.

"Kalau suatu hari bertemu di jalan jangan ragu-ragu untuk disapa, kita selfie juga boleh, tapi jangan yang lainnya mudah mudahan kiprah kami selama lima tahun diterima dengan baik yang baik-baiknya, yang kurang-kurangnya menjadi evaluasi," katanya.

3. Ridwan Kamil pamit

Salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar, Ridwan Kamil PamitPuluhan Ribu Warga Salat Idul Adha Perdana Masjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil juga memberikan pesan untuk Penjabat Gubernur Jabar yang terpilih agar bisa menjaga tren kebaikan program, dan kinerja baik yang telah dicapai selama dirinya memimpin Jabar. Siapa pun pejabatnya, Emil mendorong agar beberapa yang belum maksimal bisa ditingkatkan.

"Saya menyatakan pamit sebagai gubernur jawa barat periode 2018-2023, karena nanti Idulfitri dan Iduladha tahun depan ada penjabat gubenur yang baru, siapapun itu kita saling mendoakan dan kita jaga hal-hal baik seperti prestasi Jawa Barat. Yang kurangakurang tentu kita evaluasi untuk diperbaiki," kata dia.

Baca Juga: DKM Masjid Al Jabbar Perketat Keamanan Usai Banyak Al Quran Hilang

Baca Juga: Ridwan Kamil Bingung Ribuan Al-Quran Masjid Raya Al Jabbar Hilang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya