Oded M. Danial Jadi Nama Jalan di Bandung? Apa Kata PKS?

PKS Jabar apresiasi langkah Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) turut merespons kemungkinan nama almarhum Wali Kota Bandung Oded M. Danial menjadi nama jalan di Kota Bandung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Haru Suandharu, Ketua DPW PKS Jabar mengatakan bahwa PKS turut mengapresiasi wacana ini. Menurutnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil juga sudah merasakan langsung bekerjasama dengan almarhum Oded M. Danial.

"PKS terimakasih atas apresiasinya buat mang Oded, artinya pak gubernur sudah merasakan pengalaman dan bekerjasama dengan mang Oded," ujar Haru, Kamis (3/3/2022).

1. PKS Jabar mengucapkan terimakasih pada Gubernur

Oded M. Danial Jadi Nama Jalan di Bandung? Apa Kata PKS?Jenazah alm. Wali Kota Bandung, Oded M. Dania tiba di Rumah Dinas Pendopo pada Jumat (10/12/2021). (IDN Times/Yogi Pasha)

Bagi PKS Jabar, Haru bilang, wacana ini merupakan kabar baik dan perlu diapresiasi. Meningat, Oded M. Danial merupakan kader terbaik PKS dan sudah banyak memberikan perubahan untuk Kota Bandung.

"Saya senang mang Oded diapresiasi. Sebagai ketua DPW salah satu seorang kadernya di apresiasi oleh pak gubernur saya ucapkan terima kasih," ucapnya.

2. Aturan teknis harus melibatkan banyak instansi

Oded M. Danial Jadi Nama Jalan di Bandung? Apa Kata PKS?IDN Times/Debbie Sutrisno

Jika wacana itu benar adanya, Haru bilang, nantinya aturan penyerahan nama dilakukan sesuai teknis. Penyematan nama bisa dilakukan di jalan milik Kota Bandung atau Provinsi Jabar.

"Tapi sebaiknya Wali Kota Bandung dengan DPRD yang berdiskusi di jalan mana, terus siapa namanya, biarlah prosesnya di kota Bandung," kata dia.

3. Wacana ini muncul dari mulut Gubernur Jabar

Oded M. Danial Jadi Nama Jalan di Bandung? Apa Kata PKS? ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil meminta nama tokoh di kabupaten/kota disematkan menjadi nama jalan. Hal itu juga berlaku untuk nama almarhum Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Pernyataan Emil itu muncul usai peresmian pergantian nama Jembatan Pasupati menjadi Mochtar Kusumaatmaja. Menurut Emil, semasa almarhum hidup, pergantian nama Pasupati sudah dikoordinasikan dan ada wacana flyover milik Pemprov Jabar di Bandung untuk disematkan nama pahlawan.

"Saya sempat (diskusi) ke almarhum mang Oded ya, menyampaikan bahwa flyover yang proyek Pemprov dulu, yang melintasi ruas Jalan Pasupati ya, sama yang Jalan Gatot Subroto dicarikan pahlawan dari kota Bandung saja, tapi harus disurvei oleh pak Yana saja," ujar Emil, Selasa (1/3/2022).

4. Bukan tidak mungkin Oded M. Danial jadi nama jalan

Oded M. Danial Jadi Nama Jalan di Bandung? Apa Kata PKS?Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial (IDN Times/Humas Bandung)

Nama pahlawan itu disematkan dengan memenuhi berbagai aturan. Dengan begitu, nama-nama pahlawan memang harus dipersiapkan sebelum diusulkan, termasuk bagi nama Oded M. Danial.

"Banyak namanya, dan bukan tidak mungkin juga nama mang Oded suatu hari diabadikan di sebuah tempat, apapun. Yang penting di Jabar itu budayanya sangat menghormati orangtua dan pahlawan," katanya.

Baca Juga: Banjir Sukabumi Telan Korban Jiwa, Pemprov Jabar Kucurkan Rp1,5 Miliar

Baca Juga: Walkot Bandung Oded M. Danial Wafat, Pendopo Dipenuhi Karangan Bunga! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya