Comscore Tracker

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJ

Biang macet tidak melulu akibat pintu masuk kendaraan PVJ

Bandung, IDN Times - Wacana penutupan beberapa pintu mall Paris Van Java (PVJ) yang diklaim Pemerintah Kota Bandung menjadi salah satu penyebab macet Jalan Sukajadi, turut direspons oleh anggota komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Folmer Siswanto M. Silalahi.

Menurutnya, wacana tersebut sah-sah saja selama semua pihak terkait melakukan pembahasan dan telah menemukan kesepakatan berdasarkan kajian-kajian yang tepat.

"Selama itu sudah melalui kajian dan melibatkan semua pihak, kemudian ada juga hasil dari evaluasi rekayasa Jalan Sukajadi ya sah-sah saja. Yang penting itu harus hasil dari kajian evaluasinya, ujar Folmer saat dihubungi IDN Times Jabar, Minggu (17/11).

1. Harus berlandaskan hasil evaluasi Jalan Sukajadi

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJIlustrasi mengurai kemacetan (IDN Times/Humas Bandung)

Folmer menjelaskan, persoalan kemacetan pada Jalan Sukajadi tergolong kompleks, sehingga tidak bisa Pemkot Bandung memberlakukan hanya sekali evaluasi saja. Sambung Folmer, evaluasi harus terus dilakukan sampai menemukan hasil.

"Sebenarnya jalur ini harus ada evaluasi-evaluasi berikutnya. Yang penting ini dalam rangka mengurangi atau menanggulangi kemacetan di Kota Bandung," ungkapnya.

2. Pemberhentian angkot harus diperhatikan

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJIDN Times/Isidorus Rio

Folmer menambahkan, titik kemacetan tidak hanya ditimbulkan akibat banyaknya pintu Mall PVJ yang berdekatan dengan Jalan Sukajadi. Menurutnya, faktor lain yang bisa berpotensi menjadi faktor kemacetan adalah tempat pemberhentian Trans Metro Bandung (TMB).

"Tidak hanya berhenti pada penutupan keluar masuk kendaraan ke PVJ, tapi tempat pemberhentian angkot, TMB dan Ojek Online (ojol) yang sering berkumpul di satu ruas, juga berpotensi menimbulkan kemacetan," tuturnya.

3. Kemacetan Jalan Sukajadi hanya di weekend

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJIDN Times/Humas Bandung

Folmer berpendapat, konsentrasi kepadatan itu hanya di Jalan Sukajadi menuju Jalan Setiabudi. Sedangkan di Jalan Cipaganti terlihat landai dan tidak terjadi kemacetan seperti sebelum diberlakukan satu jalur di Jalan Sukajadi.

"Kalau kita amati terlebih di weekend, kepadatan kendaraan ada di jalan Sukajadi. Kalau dulu, konsentrasi jalan Cipaganti," kata dia.

4. Pemkot klaim sudah memiliki kajian untuk Jalan Sukajadi

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJIDN Times/Azzis Zulkhairil

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana langsung meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk segera melakukan evaluasi dalam waktu dekat soal Jalan Sukajadi yang masih macet. Bahkan, ia mengaku sudah ada beberapa kajian untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Sebetulnya kajiannya sudah, tinggal kita uji coba ini, masih ngobrol sama pak Kasat Lantas juga. Kita tinggal uji coba saja," ujar Yana saat ditemui di Taman Badak, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (13/11).

5. Yana minta PVJ dibuat satu pintu

DPRD Desak Pemkot Bandung Segera Evaluasi Macet di Pintu Mall PVJIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Yana mengatakan, mall Paris van Java (PVJ) di daerah tersebut kini memiliki tiga pintu masuk. Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu faktor kemacetan. Bahkan, ia merasakan dampak kemacetan tersebut.

"Saya koordinasi dengan Dishub, itu pintu masuk PVJ agar ditutup semua. Nanti kita arahin, jadi masuknya dari Karang Tinggal, satu pintu, saat ini ada tiga loh, saya juga ngerasain (macetnya)," terangnya.

"Kalau enggak pake gate gitu, itu terus aja keluar. Kami harus batasi juga, mudah-mudahan minggu depan lah," katanya.

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You