Comscore Tracker

Corona Baru B117 Masuk Jabar, Pemkot Bandung: Waspada Ini Lebi Ganas

Wali Kota Bandung menilai B117 lebih ganas dari sebelumnya

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memberikan tanggapan mengenai adanya kasus varian baru virus corona dari Inggris, B117, yang ditemukan pada dua orang warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, saat ini kasus corona baru itu sudah disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui rapat pimpinan daerah hari ini.

"Varian baru lebih ganas. Prokes harus dijalankan selama 14 hari untuk pendatang. Sebelumnya ini juga berlaku," ujar Oded di pendopo Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

1. Wali Kota Bandung minta protokol kesehatan diperketat

Corona Baru B117 Masuk Jabar, Pemkot Bandung: Waspada Ini Lebi GanasIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Brazil, Amerika (ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado)

Meskipun belum ditemukan di Kota Bandung, Oded meminta masyarakat saat ini dapat menaati protokol kesehatan yang sudah dilakukan. Adapun vaksinasi dipandang sebagai hal yang penting untuk mencegah virus baru itu.

"Saya imbau seluruh masyarakat untuk tahu bahwa virus ini bukan hanya menyerang pemerintah semata. Tidak hanya menyerang Wali Kota Bandung," katanya.

2. Dinkes Bandung sebut opsi pencegahan baru karantina 14 hari

Corona Baru B117 Masuk Jabar, Pemkot Bandung: Waspada Ini Lebi GanasIlustrasi ekonomi terdampak pandemik COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, antisipasi kedatangan virus baru ini dilakukan dengan aturan yang sudah ada sebelumnya. Menurutnya, karantina merupakan hal pencegahan yang perlu dilakukan.

"Sekarang baru memakai opsi karantina 14 hari, Karawang itu langsung ditangani oleh provinsi," singkatnya.

3. Ridwan Kamil langsung mengumumkan kasus ini pada media

Corona Baru B117 Masuk Jabar, Pemkot Bandung: Waspada Ini Lebi GanasRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan bahwa varian baru virus Corona dari Inggris, B117, ditemukan di Karawang, Jawa Barat. Saat ini, Satgas COVID-19 Jabar tengah melakukan pelacakan lebih lanjut untuk mengantisipasi merebaknya virus tersebut.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang, kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," ujar Ridwan Kamil ditemui di RSP Unpad, Bandung, Rabu (3/3/2021).

Koordinasi dengan Unpad saat ini sudah dilakukan untuk mengetahui apakah perlakuan protokol kesehatan COVID-19 masih berlaku sama atau tidak. Musababnya, sejumlah pihak menilai bahwa mutasi virus ini lebih ganas.

"Kami mohon agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

4. Menyebar lebih cepat, namun tidak lebih mengancam?

Perkataan Oded soal ganasnya virus baru ini berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi.

Nadia mengakui bahwa mutasi B117 varian virus baru ini lebih cepat menular dibanding virus COVID-19. Namun, katanya, itu tidak meningkatkan keparahan penyakit. "Varian virus ini lebih cepat menular benar, tetapi dia tidak menyebabkan penambahan keparahan penyakit," ujarnya.

Baca Juga: Meliput Corona Sejak Hari Pertama... Akhirnya Positif Juga

Baca Juga: 7 Cara Melindungi Diri dari Varian Baru Virus Corona B117

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya