Kemenkes Cari Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik, Siapa Pemenangnya?

Ada restoran Four Season hingga Aerofood ACS

Bandung, IDN Times – Kementerian Kesehatan akhirnya meloloskan Restoran Hotel Four Season dan PT. Aerofood ACS Indonesia sebagai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terbaik dalam menerapkan protokol kesehatan.

Setelah penilaian yang diklaim cukup ketat, kedua tempat usaha itu dinilai telah menerapkan aturan dan berhasil berinovasi dalam menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS), dan Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP). 

Penghargaan ini dilakukan untuk mendorong kembali perekonomian Indonesia agar segera pulih.

1. Program digelar agar tempat usaha pangan bisa berlomba dalam kebaikan

Kemenkes Cari Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik, Siapa Pemenangnya?Ilustrasi makanan siap santap sebagai bisnis di tengah pandemik (Dok. Istimewa)

Dalam masa normal baru, untuk menggulirkan perekonomian, pemerintah kemudian mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 382 Tahun 2020 yang mengatur tentang protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum.  

Salah satu yang diatur oleh protokol kesehatan secara ketat adalah di tempat pengelolaan pangan di berbagai bidang pelayanan seperti pesawat, rumah sakit, perkantoran, lapas, dan lain-lain.

Selain itu masih ada restoran baik di hotel maupun tempat umum lainnya serta sentra pangan jajanan dan kantin sekolah. 

Program TPP diadakan agar tempat-tempat usaha pangan itu bisa menjadi pembelajaran bagi pelaku usaha lain. Program yang digulirkan sejak dua tahun lalu ini diikuti oleh 135 Tempat Pengolahan Pangan dari 10 provinsi di Indonesia.

Proses penilaian dilakukan bertahap mulai dari sosialisasi, bedah dokumen, verifikasi lapangan untuk membuktikan bahwa prokes sudah dilakukan serta melihat inovasi prokes yang sudah dikembangkan masing-masing tempat pengolahan pangan tersebut. 

2. Program berguna untuk kerja sama pengolahan pangan demi menekan pandemi

Kemenkes Cari Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik, Siapa Pemenangnya?Ilustrasi makanan di restoran mewah (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Kartini Rustandi, Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan mengatakan, tempat pengolahan pangan merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi pencegahan penyebaran COVID-19. 

Oleh karena itu, pemerintah berpikir jika pengawasan pengolahan pangan perlu diperketat dalam rangka menjalankan prokes sejak hulu hingga ke hilir.

“Diperlukan upaya kerja bersama di dalam unit tempat pengolahan pangan agar prokes bisa benar-benar dijalankan,” kata Kartini, dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (17/11/2021).

3. Bagaimana penghargaan TPP dilaksanakan?

Kemenkes Cari Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik, Siapa Pemenangnya?fourseasons.com

Penghargaan TPP sendiri terbagi menjadi bermacam kategori. Selain restoran di hotel, penghargaan juga diberikan kepada TPP jasa boga golonga A, B, dan C serta golongan Rumah Makan.

Restoran di Four Season menerima penghargaan terbaik untuk kategori Restoran di Hotel diikuti oleh Swiss-Belhotel Jambi di urutan kedua, dan Four Points by Sheraton kota Balikpapan Kalimantan Timur. 

Desiree Merlina, Director of Public Relations and Marketing Communications Four Seasons Hotel Jakarta mengatakan, perusahaannya merasa terhormat karena memiliki visi yang sama untuk mengedepankan keamanan kesehatan karyawan serta tamu hotel.

“Berbagai standar keamanan kesehatan ditetapkan dengan tujuan mendukung pariwisata Indonesia,” kata Desiree.

4. Aerofood sabet seluruh penghargaan TPP kategori jasa boga golongan C

Kemenkes Cari Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik, Siapa Pemenangnya?aerowisatafood-dev.aerofood.co.id

Sementara itu PT Aerofood ACS menyabet seluruh posisi penghargaan TPP untuk kategori jasa boga golongan C. Aerofood adalah jasa katering yang melayani penerbangan di Indonesia. 

Posisi pertama penerima penghargaan diterima oleh Aerofood ACS unit Cengkareng, posisi kedua Aerofood ACS unit Denpasar, dan posisi ketiga adalah Aerofood ACS unit Lombok. 

Standar protokol kesehatan pengelolaan pangan di rumah sakit juga menjadi salah satu yang dinilai para juri.  Instalasi Gizi RSUI Harapan Anda Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, berhasil meraih posisi pertama untuk Tempat Pengelolaan Pangan di rumah sakit.

Baca Juga: Tes CASN Kementerian Kesehatan di Bali Diikuti 824 Peserta   

Baca Juga: Wamenkes: Gelombang Ketiga COVID-19 Bisa Dicegah Bila Taat Protokol 

Baca Juga: 5 Restoran Makanan Sunda di Jakarta Selatan, Rasa Mantap!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya