Ketika Para Sales Expert Bagi Pengalaman di Bandung

Indonesia Marketeers Festival 2019 akan hadir di Yogyakarta

Bandung, IDN Times – Bandung menjadi kota ke-16 dalam road show Indonesia Marketeers Festival 2019. Acara tersebut merupakan ajang pemasaran yang digelar secara rutin sejak 2013, yang diadakan bagi para pelaku pemasaran untuk mendapatkan ilmu menarik di dunia profesional.

Apa saja tips dan trik meningkatkan penjualan yang terungkap dalam acara tersebut?

1. Tema Sales Promotion Breakthrough

Ketika Para Sales Expert Bagi Pengalaman di BandungIDN Times/Istimewa

Tahun ini, Indonesia Marketeers Festival mengambil tema Sales Promotion Breakthrough: 5 Gebrakan Penjualan 2019, Sales Naik, Brand Apik. Sesuai dengan namanya, Chairman MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya, dalam acara tersebut menjelaskan lima gebrakan yang bisa meningkatkan penjualan.

“Pertama adalah gebrakan benefit, bonus, dan bundling. Setelah itu ada flexi, flash, dan free. Ketiga ada co-brand, collab, dan cross-sell. Keempat adalah experience, engage, dan endorse. Yang terakhir adalah limited, loyal, dan lucky,” kata Hermawan, ketika ditemui IDN Times selepas acara di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (13/8).

2. Promosi penjualan kadang mempertaruhkan merek

Ketika Para Sales Expert Bagi Pengalaman di BandungIDN Times/Galih Persiana

Dalam acara itu pula, Hermawan mewanti-wanti kepada para peserta agar tak terjebak dengan promosi penjualan. Memang, kata dia, promosi dapat meningkatkan eksistensi sekaligus penjualan. Namun, bukan kali ini saja promosi justru bikin buruk citra sebuah jenama.

“Untuk meningkatkan penjualan di tahun 2019, harus gencar melakukan sales promotion. Tapi awas, jangan hanya diskon, karena masih banyak strategi atau gebrakan yang bisa dilakukan agar sales naik, plus nama brand Anda tetap apik,” tutur dia.

3. Pembicara-pembicara lainnya

Ketika Para Sales Expert Bagi Pengalaman di BandungGoogle

Acara tersebut tak hanya dimeriahkan oleh Hermawan, yang mana merupakan penyelenggara dari Indonesia Marketeers Festival. Ada pula beberapa nama lain seperti Aris Irmi (Senior Sales Executive Retail XI Bandung), Dinda Gemilang (Fasilitator Gapura Digital Google), dan Eri Kuncoro (CMO Botika Teknologi Indonesia).

Tak hanya itu, ada pula sesi panel discussion yang dihadiri oleh Mufri Yanadi (Pimpinan Kantor Wilayah IX PT. Pegadaian Bandung, Devicca Atmadja (Divisi Head Businesss Partner TADA), dan Kevin Hartono (Area Sales Manager Honda Bandung Center).

4. Menuju Yogyakarta

Ketika Para Sales Expert Bagi Pengalaman di BandungIDNTimes/Holy Kartika

Bandung termasuk kota yang dipilih belakangan dalam road show Indonesia Marketeers Festival. Sebelum Bandung, mereka juga menggelar acara serupa di Balikpapan, Batam, Pontianak, Bandar Lampung, Pekanbaru, Solo, Banjarmasin, Manado, Semarang, dan beberapa kota lainnya.

Setelah menggelar acaranya di  Kota Bandung, Indonesia Marketeers Festival 2019 akan hadir di Kota Yogyakarta pada Rabu–Kamis, 14–15 Agustus 2019

Selain memberikan berbagai macam tip dan trik dalam meningkatkan penjualan, dalam Indonesia Marketeers Festival 2019 juga panitia telah memberikan sejumlah apresiasi dalam beberapa instansi yang dianggap baik dalam melakukan pemasaran. Apresiasi itu diberi judul Public Service of The Year 2019 Jawa Barat.

Beberapa instansi yang menerima penghargaan tersebut antara lain Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, Popong Warliati Nueraeni, dan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita Sri Hasniarty.

Topic:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Just For You