Comscore Tracker

15 Titik Obyek Pantai di Palabuhanratu Akan Dijaga Saat Libur Lebaran

Penjagaan libatkan Balawista dan Sarda

Sukabumi, IDN Times - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Sukabumi akan melakukan pengamanan di sepanjang Teluk Palabuhanratu. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan laut pada saat libur panjang pasca perayaan lebaran nanti.

Kasat Polair Polres Sukabumi AKP Amran Kusnandar menerangkan jumlah personil yang akan disiagakan dalam pengamanan wisatawan pada libur lebaran nanti mencapai 29 orang. "Dari jumlah tersebut sebanyak 13 orang personil diantaranya berasal dari Polda Jawa Barat sebagai tambahan dukungan kekuatan untuk pengamanan," ungkap Amran.

Selain para persosil satpolairud, penjagaan kawasan pantai juga akan melibatkan Life Guard dari Balai Penyelamatan Wisata Pantai (Balawista) Palabuhanratu dan Satuan SAR daerah (Sarda).

1. Penjagaan di setiap obyek wisata pantai

15 Titik Obyek Pantai di Palabuhanratu Akan Dijaga Saat Libur LebaranIDN Times/Toni Kamajaya

Hasil pemetaan menunjukan terdapat lebih dari 15 titik pantai yang akan menjadi fokus utama pengamanan para personil satpolairud. Seluruh lokasi tersebut diperkirakan akan banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar daerah.

Belasan titik pantai itu tersebar di sepanjang perairan Palabuhanratu hingga perairan Cisolok. Antara lain Pantai Batu Bentang, Sukawayana, Citepus, Kadaka, Kebon Kalapa, Istiqomah, Karanghawu, Muara Padi-Padi, Katapang Condong, Cibangban serta Pantai Karangpapak.

2. Pos Pengamanan di wilayah Selatan

15 Titik Obyek Pantai di Palabuhanratu Akan Dijaga Saat Libur LebaranIDN Times/Toni Kamajaya

Kasat Polair Polres Sukabumi AKP Amran Kusnandar menjelaskan untuk pengamanan kawasan obyek wisata pantai yang berada di Selatan Sukabumi akan dilakukan oleh para personil dari kepolisian sektor terdekat. "Untuk obyek wisata pantai mulai dari perairan Simpenan, Ujunggenteng hingga perairan Tegalbuleud, pengamanannya akan dilakukan oleh para personil dari setiap polsek setempat," kata Amran.

3. Siagakan Kapal cepat dan perahu karet

15 Titik Obyek Pantai di Palabuhanratu Akan Dijaga Saat Libur LebaranIDN Times/Toni Kamajaya

Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan berwisata ke kawasan Pantai Palabuhanratu pada libur pasca lebaran nanti, Satpolairud akan menyiagakan dua unit armada patroli yakni kapal cepat tipe Pol VIII- 2322 dengan kekuatan personil sebanyak tiga orang dan satu unit perahu karet (Ruber Boat) dari Dit Pol Airud Polda Jabar yang akan diawaki dua orang personil.

4. Penjagaan dilakukan selama 24 jam

15 Titik Obyek Pantai di Palabuhanratu Akan Dijaga Saat Libur LebaranIDN Times/Toni Kamajaya

Puluhan personil Satpolairud akan melakukan penjagaan selama 24 jam di seluruh obyek wisata pantai yang ada di perairan Teluk Palabuhanratu. “Pada malam hari biasanya tidak ada wisatawan yang akan melakukan aktivitas berenang, namun pada prinsipnya penjagaan akan berlangsung selama 24 jam. Terutama di jam tertentu yang menjadi kebiasaan wisatawan beraktifitas di pantai mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.” terangnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya