Ratusan Siswa SMA 21 Bandung Kena Tipu Jasa Travel, Ratusan Juta Raib

Mereka hendak melakukan study tour ke Yogyakarta

Bandung, IDN Times - Ratusan siswa kelas 11 di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 21 Bandung diduga jadi korban penipuan oleh penyedia jasa travel berinisial GTI. Uang ratusan juta pun diduga raib digondol oleh manajemen travel.

Ketua OSIS SMAN 21 Bandung, Fazha Raditya Gibran menjelaskan, peristiwa itu bermula ketika sekolah berencana untuk mengadakan kegiatan karya wisata atau study tour ke Yogyakarta sekitar dua bulan lalu. 

"Untuk mengikuti kegiatan itu, setiap murid dibebankan biaya senilai Rp1,3 juta. Memang dari dua bulan lalu sudah diagendakan akan ke Yogyakarta," kata Fazha, Rabu (24/5/2023).

1. Uang dibawa kabur manajemen travel

Ratusan Siswa SMA 21 Bandung Kena Tipu Jasa Travel, Ratusan Juta Raib

Sekitar 350 murid telah membayar biaya yang dibebankan hingga terkumpul uang total senilai sekitar Rp400 juta. Mereka pun dijadwalkan untuk berangkat pada Rabu (24/4/2023) dan pulang pada Jumat (26/5/2023). Namun jelang hari keberangkatan, tiba-tiba sekolah memberi kabar bahwa kegiatan study tour akan diundur.

"Kita dapat kabar kalau misalkan acara ini bakal di-reschedule," ucap dia.

Para murid dan orangtuanya lalu berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk dapat mengetahui alasan kegiatan diundur. Sekolah pun memberi kabar bahwa uang untuk study tour diduga dibawa kabur penyedia jasa travel.

2. Korban sudah lapor polisi

Ratusan Siswa SMA 21 Bandung Kena Tipu Jasa Travel, Ratusan Juta RaibIlustrasi penipuan. (Sumber: antaranews.com)

Fazha dan rekan-rekannya menyayangkan rencana study tour yang batal diadakan karena kegiatan itu berkaitan dengan penyusunan karya tulis ilmiah yang akan jadi salah satu syarat kelulusan.

"Hal ini (study tour) terkait juga dengan nantinya kita proyek ke Jogja itu buat karya tulis kami di kelas 12, jadi aspek penilaian," ujar dia.

Menurut Fazha, sekolah sudah melaporkan kasus itu ke polisi. Terpisah, Kapolsek Buahbatu, Kompol Rizal Jatnika, belum memberi keterangan rinci soal kasus itu.

Namun, Rizal memastikan polisi sedang melakukan pengejaran pada pelaku. "Sedang dikejar," kata dia.

3. Kantor travel sudah lama kosong

Ratusan Siswa SMA 21 Bandung Kena Tipu Jasa Travel, Ratusan Juta RaibIDN Times/Istimewa

Penyedia jasa travel di Kota Bandung dengan singkatan GTI diduga telah melakukan penipuan terhadap ratusan murid di SMAN 21 Bandung. Dari penelusuran Google Maps, kantor GTI terletak di Jalan Moch. Sikat Nomor 20, Kota Bandung.

Ketika ditelusuri, tak terlihat adanya aktivitas di kantor tersebut. Bahkan, pada bagian depan kantor terlihat adanya papan pemberitahuan bahwa kantor tersebut sudah dijual.

Salah seorang warga, Ahmad, menyebut bangunan itu sudah lama kosong. Namun, sesekali kantor tesebut tampak dibersihkan oleh seorang pekerja.

"Suka ada yang bersihkan tapi gak tiap hari ada," ucapnya.

Terkait hal ini, Fazha mengaku terkejut apabila memang kantor tersebut sudah tutup. Jika memang sudah tutup, maka besar kemungkinan Fazha dan rekan-rekannya telah menjadi korban penipuan.

"Agak kaget, ya berarti kami beneran ditipu dan uang sudah dibawa kabur," ucap dia.

Baca Juga: 10 Potret Gading dan Gisel Temani Gempita Study Tour di Taman Safari

Baca Juga: 5 Agen Travel Terkenal dan Murah di Lampung, Bisa ke Luar Negeri Juga!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya