Pemkot Bandung Kaji Jumlah Penonton Piala Presiden di Stadion GBLA

Persib Bandung jadi tuan rumah Grup C turnamen pramusim

Bandung, IDN Times - Persib Bandung akan menjadi tuan rumah Grup C Piala Presiden 2022. Rencananya stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan menjadi lapangan yang digunakan dalam turnamen pramusim ini.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, setelah dua bulan berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, kini status pandemik COVID-19 di Kota Bandung turun menjadi PPKM level 1.

Pada level ini ini terdapat beberapa relaksasi yang berbeda, salah satunya pelaksanaan kompetisi olah raga dalam wilayah kriteria level 1 diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion dengan 100 persen.

Mengingat dalam waktu dekat Kota Bandung akan menjadi tuan rumah pramusim Piala Presiden, Yana menyampaikan, jika GBLA siap untuk digunakan pada seluruh pertandingan Persib.

"Namun, untuk penontonnya sendiri akan kami kaji dulu bersama pihak Kepolisian dan panitia pelaksana, apakah akan dicoba 50 persen atau 75 persen. Pada PPKM level 1 memang diberikan relaksasi 100 persen, tapi tetap harus kita kaji dulu," kata Yana, Selasa (7/6/2022).

1. Penonton yang datang ke stadion wajib vaksin booster

Pemkot Bandung Kaji Jumlah Penonton Piala Presiden di Stadion GBLAIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 tahun 2022 dijelaskan, untuk seluruh penonton yang hadir langsung di stadiun wajib sudah divaksinasi booster atau vaksinasi lengkap. Selain itu, seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Pelaksanaan kompetisi pun wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

"Semuanya juga akan kami kaji dulu, termasuk Alun-alun Kota Bandung, cafe, dan bioskop apakah sudah siap jika kita relaksasi 100 persen. Semua tetap harus berwaspada," kata dia.

2. PPKM Level 1, Yana Mulyana minta masyarakat jangan terlalu euforia

Pemkot Bandung Kaji Jumlah Penonton Piala Presiden di Stadion GBLADok. Humas Pemkot Bandung

Masuknya Kota Bandung dalam PPKM level 1 sebenarnya adalah kabar baik. Meski demikian, Yana belum mau melakukan relaksasi kegiatan terlalu cepat karena riskan kasus kembali meningkat.

"Berdasarkan Inmendagri terbaru sudah turun ke level 1. Tapi jangan euforia dulu, tetap harus protokol kesehatan yah," kata dia.

3. PSSI masih tunggu arahan pemerintah untuk adanya penonton pada turnamen ini

Pemkot Bandung Kaji Jumlah Penonton Piala Presiden di Stadion GBLASekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri), Ketum PSSI Mochamad Iriawan (tengah), dan Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing (kanan) saat konferensi pers mengumumkan tindak lanjut PSSI dalam kasus pengaturan skor di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Ada satu hal yang patut dinantikan dalam gelaran Piala Presiden 2022 ini, yakni soal kehadiran penonton. Setelah sekian lama menggelar laga dengan stadion yang kosong, penonton akhirnya bisa hadir kembali.

Terkait penonton, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan beberapa pihak terkait. Dalam waktu dekat, kabarnya Kemenpora akan mengadakan rapat koordinasi soal penonton di Piala Presiden 2022.

"Kami izin ketetapan dari pemerintah berkaitan dengan penonton, kami akan menyesuaikan dengan arahan pemerintah. Kami juga sia berkoordinasi dengan pihak keamanan," ujar Iriawan dalam siaran YouTube di PSSI TV, Senin (6/6/2022).

Untuk persentase penonton di Piala Presiden 2022 nanti, Iriawan mengaku PSSI akan mematuhi keputusan pemerintah. Jika penonton yang hadir hanya diizinkan 75 persen, aturan itu yang akan ditetapkan oleh federasi.

"Kalau harus 75 persen, ya diikuti. Kalau 50 persen, sama juga. Oleh sebab itu, untuk suporter akan kami matangkan. Namun, meski ada suporter kemarin juga aman. Laga persahabatan di Malang, Jakarta, semua aman," ujar Iriawan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya