Jelang Libur Nataru, Dishub Jabar Pasang Roller Barier di Titik Rawan

Waspadai kondisi di musim hujan ketika ingin jalan-jalan

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) secara bertahap melakukan pengecekan jalur dalam menyabut arus lalu lintas pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jawa Barat. Sejumlah titik kerawanan kemacetan maupun bencana diwaspadai terutama di jalur menuju tempat wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari, pihaknya telah memasang roller barrier di delapan titik yang dianggap rawan kecelakaan di Jabar. Pemasangan ini diharap sudah dapat terpasang secara utuh pada musim liburan Nataru tahun ini.

Dalam rangka persiapan jalur liburan Nataru, pihaknya fokus ke jalur-jalur wisata. Pada waktu liburan ini masyarakat cenderung bepergian ke tempat wisata seperti Pangandaran, Puncak, Ciater Subang kemudian Palabuhan Ratu, menjadi perhatian fokus mereka. Serta, penanganan jalur di kawasan Bandung Raya seperti Kota Bandung pada saat malam Natal.

"Selain itu, konsentrasi waktu Nataru tidak numpuk seperti mudik balik lebaran. Jadi lebih tersebar bisa di awal tanggal 22 Desember atau di akhir tapi puncak di tahun baru tanggal 30 Desember," ujar Hery, Rabu (4/12).

1. Dishub inventarisir titik rawan baru yang bisa membahayakan masyarakat.

Jelang Libur Nataru, Dishub Jabar Pasang Roller Barier di Titik RawanANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurutnya, penanganan arus liburan Nataru sama seperti tahun lalu, hanya saja ada penambahan untuk titik kerawanan baru, kemacetan, maupun bencana bersamaan dengan datangnya musim hujan.

"Kami cek kesiapannya dan apakah sudah terpasang, apakah akan tepat waktu dan mudah-mudahan selesai sebelum Nataru," katanya.

Hery memastikan Dishub Jabar telah mengecek penempatan fasilitas pengamanan jalan yang baru itu yaitu roller barier. Sedikitnya tujuh roller barrier atau pembatas jalan dengan teknologi silinder putar di ruas jalan rawan kecelakaan di Jawa Barat telah terpasang.

Pada tahun 2018, tiga roller barrier sudah terpasang yaitu di tikungan ‘S’ Jalan Raya Cikidang-Pelabuhan Ratu, Sukabumi dengan panjang pembatas jalan sepanjang 60 meter, di Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter, Jalan Raya Leuweung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.

Memasuki tahun 2019, kata dia, pemasangan dilanjutkan di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter. Selain itu, di Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter.

2. Ada beberapa titik lain yang akan dipasang roller barrier

Jelang Libur Nataru, Dishub Jabar Pasang Roller Barier di Titik Rawanantaranews.com

Saat ini ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier yakni di Jalan Tanjung pura-Rengas dengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter. Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupaten Garut sepanjang 80 meter.

"Ada di delapan titik roller barrier juga kita cek kesiapannya. Lebaran kemarin kan belum ada, " katanya.

Hery memastikan pihaknya secara bertahap mengecek juga kesiapannya terminal, stasiun dan bandara. Untuk di terminal dan pool bus pihaknya akan melakukan ramp check, termasuk para pekerjanya.

3. Warga yang hendak berliburan bisa menyiapkan diri dan kendaraannya

Jelang Libur Nataru, Dishub Jabar Pasang Roller Barier di Titik Rawanhotcars.com

Dia pun memberikan peringatan kepada warga yang akan melakukan kegiatan pada liburan Nataru agar mempersiapkan segala keperluan, baik perlengkapan pribadi maupun kendaraan jika pergi tanpa angkutan umum.

"Siapkan kendaraan yang layak seperti ban, mesin, dan rem. Ke empat siapkan tujuan rute jauh-jauh hari jangan mendadak," kata Hery.

Baca Juga: Tol Layang Japek Ditargetkan Beroperasi Saat Libur Nataru

Baca Juga: Jelang Nataru, Dishub Jabar Pastikan Jalur Objek Wisata Aman Dilalui

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya