Iduladha 2024: 13.710 Hewan Kurban Disembelih di Kota Bandung

Jokowi titipkan sapi agar disembelih di Bandung

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mencatat jumlah hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Iduladha di Kota Bandung mengalami peningkatan. Hewan kurban yang akan disembelih pada tahun 2024 sebanyak 13.701 ekor, terdiri dari sapi 7.455 ekor dan domba atau kambing 6.246 ekor.

"Ini mengalami kenaikan sebesar 16,8 persen dibandingkan dengan 2023 yaitu sekitar 12.000-an ekor," kata Gin Gin Usai Melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Agung Al Ukhuwah, Senin (17/6/2024).

1. Bagikan daging kurban pada yang memerlukan

Iduladha 2024: 13.710 Hewan Kurban Disembelih di Kota BandungDok. Humas Pemkot Bandung

Hal itu juga terlihat dari meningkatnya permohonan penyembelihan hewan kurban di dua tempat Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bandung. Pemotongan di RPH ini mengalami kenaikan, di mana tahun lalu sebanyak 363 ekor dan tahun ini lebih darii 400 ekor.

Ia berharap, panitia Iduladha bisa mendistribusikan daging kurban dengan lancar. Penerima harus diutamakan mereka yang memang laik sesyau dengan data di setiap kewilayahan.

"Jadi tidak perlu penerima yang datang, tapi panitia yang mengedarkan," ungkapnya.

Gin Gin sudah mengimbau agar panitia Iduladha menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

"Kami juga sudah mengimbau, untuk menghindari penggunaan kantong plastik, agar menggunakan tempat atau kemasan yang ramah lingkungan," katanya.

2. Sapi dari Jokowi pun akan disembelih di Bandung

Iduladha 2024: 13.710 Hewan Kurban Disembelih di Kota BandungDok. Humas Pemkot Bandung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan hewan kurban di berbagi daerah salah satunya di Kota Bandung. Hewan kurban sapi jenis simental berbobot 1,28 ton dari Presiden Joko Widodo akan dipotong pada hari kedua Idul Adha 1445 Hijriah atau Selasa (18/6/2024).

Sapi tersebut dititipkan ke Masjid Agung Bandung dan dibeli dari peternak lokal di Kabupaten Bandung Barat. Informasi pemotongan hewan kurban milik orang nomor satu di Indonesia itu disampaikan Ketua DKM Masjid Agung Bandung Ayi Hasyim Ashari.

Ayi mengatakan, hewan kurban titipan Presiden Jokowi akan disembelih pada Selasa besok di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang, Jalan Kopo, Kota Bandung pada pukul 08.00 WIB.

"Besok jam 8 (pagi) di RPH Cirangrang Kopo," kata Ayi melalui pesan singkat kepada jpnn, Senin (17/6/2024).

3. Akan dipotong bersamaan hewan kurban lainnya

Iduladha 2024: 13.710 Hewan Kurban Disembelih di Kota BandungDok. Humas Pemkot Bandung

Adapun pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Masjid Agung Bandung menerima hewan kurban sebanyak enam sapi dan tiga domba. Sekretaris panitia Iduladha Masjid Agung Bandung Atang Wahyudin menyebut hewan-hewan ini akan disembelih dan dibagikan menjadi seribu bungkus untuk masyarakat umum.

"Ada enam sapi dan tiga domba yang dititipkan ke kami, sapi itu ada dari Pak Presiden (Jokowi), Bank BRI, Bank bjb, Polda Jabar, Baznas, dan Royco ada CSR. Kalau domba dari Bank bjb Syariah, dua lainnya dari warga. Nantinya akan dibagi H plus satu sebanyak seribu bungkus," ucap dia.

Penyembelihan daging kurban dan pembagiannya sendiri dilakukan pada Selasa (18/6/2024). Nantinya, masyarakat bisa antre sejak pagi untuk meminta seribu kupon yang disediakan. Kupon itulah yang dipakai untuk menukarkan daging kurban.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Bosan Makan Daging Kurban

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya