Bupati Ciamis Beri Dukungannya Agar Ridwan Kamil Jadi Presiden 2024

Elektabilitas Emil perlahan naik 

Bandung, IDN Times - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, agar maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Harapannya, Emil bisa lolos dan menang dalam pemilihan umum nanti.

Ungkapan itu disampaikan langsung Herdiat saat keduanya meresmikan destinasi wisata Situ Wangi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022). Secara blak-blakan, Herdiat melantunkan doa tersebut.

"Saya mendoakan Pak Gubernur menjadi presiden 2024," kata Herdiat.

1. Emil mengaminkan dukungan bupati Ciamis

Bupati Ciamis Beri Dukungannya Agar Ridwan Kamil Jadi Presiden 2024IDN Times/Humas Jabar

Dia menegaskan, datang ke daerah untuk bekerja. Termasuk meresmikan Situ Wangi di Ciamis. "Peresmian Alun-alun di Pangandaran, kemudian peresmian pantai di Garut Selatan. Lalu terbang ke Bekasi meresmikan kreatif center dan alun-alun juga," jelas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap, apa yang dilakukannya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Bahwa kami memimpin untuk bekerja dan melayani," kata dia.

2. Untuk saat ini Emil fokus melayani masyarakat

Bupati Ciamis Beri Dukungannya Agar Ridwan Kamil Jadi Presiden 2024Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) meninjau operasi pasar murah minyak goreng di Kecamatan Bekasi Selatan, Jawa Barat, Selasa (11/1/2022). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Dia menegaskan, datang ke daerah untuk bekerja. Termasuk meresmikan Situ Wangi di Ciamis. "Peresmian alun-alun di Pangandaran, kemudian peresmian pantai di Garut Selatan. Lalu terbang ke Bekasi meresmikan kreatif center dan alun-alun juga," jelas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap, apa yang dilakukannya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Bahwa kami memimpin untuk bekerja dan melayani," kata dia.

3. 22,2 persen warga Jabar siap pilih Emil jadi presiden

Bupati Ciamis Beri Dukungannya Agar Ridwan Kamil Jadi Presiden 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di lapangan sepak bola JIS (Instagram.com/aniesbaswedan)

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyatakan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpeluang besar terpilih jadi Presiden Indonesia pada Pilpres 2024. Hal tersebut merupakan hasil survei telepon yang digelar pada 5 sampai 8 Februari 2022.

Survei dengan sampel 810 responden itu menyatakan, sebanyak 22,2 persen warga Jabar mendukung pria yang akrab disapa Kang Emil itu jadi presiden.

“Dalam simulasi empat nama calon, dukungan untuk Ridwan Kamil 22,2 persen, Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, Ganjar Pranowo 17,8 persen,” ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, saat merilis hasil survei secara virtual, Selasa (15/2/2022).

Saidiman menjelaskan, jika pemilihan presiden diadakan pada waktu survei, ada empat tokoh yang mendapat dukungan cukup seimbang. Mereka adalah Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Temuan ini konsisten dalam berbagai simulasi (top of mind sampai simulasi pilihan tertutup).

“Jika Ridwan Kamil tidak ikut bersaing, suaranya tersebar cukup merata kepada ketiga calon lainnya. Dalam simulasi tiga nama tanpa Ridwan Kamil, Prabowo mendapat dukungan 28,7 persen, Anies Baswedan 27 persen, dan Ganjar Pranowo 25,1 persen,” ujar Saidiman.

Baca Juga: Beda Isi Medsos Ganjar, Anies, Kang Emil, Mempengaruhi Elektabilitas? 

Baca Juga: Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya