Comscore Tracker

Bantuan Pangan untuk Warga Upayakan Membeli dari Pedagang Lokal

Kalau ada warga kurang mampu belum dapat bansos, lapor saja

Cirebon, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melepas distribusi bantuan sosial (bansos) Provinsi Jabar untuk Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, di Kantor Pos Sumber. Pemberian bansos bagi Kecamatan Sumber menjadi pendistribusian bansos provinsi pertama di Kabupaten Cirebon.

Untuk tahap pertama bansos diberikan kepada 109 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Kelurahan Tukmudal dan 34 KRTS di Kelurahan Pasalakan. Ditargetkan, 479 bansos berupa pangan dan non tunai itu bisa disalurkan seluruhnya oleh lima pengantar dari PT Pos Indonesia dan 10 mitra ojek daring (online/ojol).

Adapun alokasi penerima bansos provinsi untuk Kecamatan Sumber dan Talun sendiri berjumlah 2.161 bon Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 479 DTKS dari total KRTS di Kabupaten Cirebon.

"Penyedia sembako untuk bantuan pangan pun berasal dari pedagang setempat sehingga sekaligus bertujuan menggerakkan ekonomi lokal. Dari (kabupaten) Cirebon, untuk (kabupaten) Cirebon," ujar Uu, Sabtu (9/5).

1. Ada 72 ribu warga di Kabupaten Cirebon butuh bantuan

Bantuan Pangan untuk Warga Upayakan Membeli dari Pedagang LokalDok.Humas Jabar

Uu menuturkan, data penerima bansos didapat dari Bupati Cirebon. Pemerintah daerah setempat melakukan pendataan dan menetapkan siapa saja yang memang layak membutuhkan bantuan dari Pemprov Jabar.

Sejauh ini Pemda Kabupaten Cirebon karena telah melakukan pendataan kurang lebih 72 ribu warga terdampak pandemi COVID-19 di wilayahnya yang perlu mendapatkan bantuan.

Uu pun mengingatkan kepada warga bahwa saat ini terdapat smbilan pintu itu adalah Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, bantuan sosial (bansos) dari presiden, Dana Desa (bagi kabupaten), Kartu Pra Kerja, bantuan tunai dari Kemensos, bansos provinsi, serta bansos dari kabupaten/kota.

"Setelah adanya bansos dari provinsi, mohon masyarakat tidak gaduh. Jika ada yang belum terdaftar, mari bicarakan kembali. Sampaikan sesuai mekanisme," tambahnya.

2. PT Pos bantu sebar bansos setiap harinya

Bantuan Pangan untuk Warga Upayakan Membeli dari Pedagang LokalDok.Humas Jabar

Sementara itu, Kepala Kantor Regional V Jabar dan Banten PT Pos Indonesia yang diwakili Deputi Heru Setiadi mengatakan, terdapat alokasi 12.233 KRTS dari DTKS dan 60.579 KRTS non DTKS yang berasal dari 40 kecamatan dan 409 desa di Kabupaten Cirebon.

"Drop (paket) dari Bulog yang sudah diterima akan segera disalurkan. Adapun karyawan seluruh Kantor Pos Cirebon ada 172 personel, untuk pengantaran bansos kami siapkan 110 orang terdiri dari pengantar PT Pos, ojol, dan pihak ketiga lain," ucap Heru.

Dalam satu haru setidaknya PT POS bisa menyebarkan 2.200 paket (bansos) kepada yang berhak.

3. Semoga Bansos ini tepat sasaran

Bantuan Pangan untuk Warga Upayakan Membeli dari Pedagang LokalBantuan Sosial yang diberikan langsung oleh Menteri Sosial (Dok. Kemensos)

Menurut Bupati Cirebon Imron Rosyadi, bansos menjadi langkah awal terciptanya gerak langkah yang sama dalam penanggulangan COVID-19 di Jabar.

"Saya harap (program) bansos ini bisa memberikan edukasi dalam memberikan bansos yang tepat sasaran, yaitu perlu koordinasi yang intens juga edukasi kepada KRTS yang merupakan tanggung jawab semua pihak," ujar Imron.

Baca Juga: Menkeu Sebut Anies Tak Punya Dana untuk Bansos, Gerindra: Itu Hoaks

Baca Juga: Pengamat: Kepala Daerah Manfaatkan Bansos, Ibarat Naik Bus Tidak Bayar

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya